SOLOPOS.COM - Kondisi tempat kejadian perkara atau TKP di perlintasan sebidang di Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (18/7/2023). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Petugas evakuasi kereta api dan truk yang terlibat kecelakaan hingga terbakar di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), saat ini tengah fokus melakukan evakuasi di jalur hulu. Yakni dengan melakukan pengelasan pada gerbong penolong.

Pantauan Solopos.com, bagian belakang truk dan satu lokomotif yang sebelumnya terjepit di jembatan telah berhasil dievakuasi. Saat ini tim evakuasi masih berusaha mengevakuasi bagian depan truk dan lokomotif lainya. Dua alat berat pun dikerahkan untuk evakuasi tersebut.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“ini proses dilas untuk pemotongan bangkai truk yang menempel di jembatan dan di lokomotif. Kemudian, kalau sudah selesai, nanti kita evakuasi, kita tarik lokomotif dari gerbongnya,” kata Kepala Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo di lokasi kejadian, Selasa (18/7/2023) malam.

Kepala Daop 4 Semarang itu menambahkan, terkait kondisi jembatan saat ini juga masih diperiksa. Kendati masih dicek, pihaknya menegaskan bila satu jalur lainya dibagian hilir masih dapat dilalui untuk operasional perlintasan kereta.

“Satu jalur yang bisa dilalui, nanti lewat satu jalur. Jadi nanti untuk selanjutnya operasional kereta api bisa segera dilanjutkan dengan satu jalur, antara semarang poncol dengan jerakah. Jadi tidak dialihkan. Ini sudah mulai bisa. Nanti kita tunggu kereta berikutnya, nanti bergantian,” klaimnya.

Wisnu menegaskan penumpang kereta yang ditarik ke Jerakah juga akan dilanjutkan ke tujuan. Kendati demikian, ia menyampaikan bila ada sebagian penumpang yang turun.

“Yang lanjut nanti turun di Tawang terus dilanjutkan dengan kereta lain,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Kereta Api Indonesia (KAI) mengungkap bila kecelakaan kereta api dengan truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) itu melibatkan KA 112 Brantas relasi Pasar Senen-Blitar dengan truk trailer pada JPL 6 Km 1+523 petak jalan Jerakah-Semarang Poncol.

Akibat kejadian tersebut, Lokomotif KA Brantas mengalami kebakaran dan dua jalur KA pada petak Jerakah – Semarang Poncol untuk saat ini tidak dapat dilalui.

Tak hanya itu, kecelakaan di jalur kereta ini juga membuat sembilan perjalanan KA menjadi terhambat. Sedangkan untuk korban jiwa dipastikan nihil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya