SOLOPOS.COM - Ilustrasi Longsor (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Musibah tanah longsor melanda Banjarnegara dalam dua hari, Sabtu-Minggu (6-7/5/2023). Selain tanah longsor, Banjarnegara juga dilanda angin kencang pada kesempatan tersebut.

Saat hujan deras terjad Sabtu (6/5/2023) terdapat tujuh lokasi dilanda longsor. Sehari berselang, Banjarnegara kembali dilanda hujan lebat, Minggu (7/5/2023). Kali ini, longsor melanda di 17 lokasi.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Bencana tanah longsor yang melanda di 24 lokasi dalam dua hari itu tersebar di sejumlah kecamatan di Banjarnegara. Di antaranya Pagedongan, Pandanarum, Madukara, Pagentan, Penjawaran, dan Susukan.

Selain tanah longsor, Banjarnegara juga dilanda angin kencang di dua lokasi pada Minggu (7/5/2023). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara masih melakukan asesmen terhadap dampak tanah longsor dan angin kencang hingga saat ini.

Sesuai data sementara, kejadian tersebut mengakibatkan rumah warga mengalami kerusakan sedang di empat lokasi, rumah rusak ringan di 16 lokasi, rumah terancam longsor di delapan lokasi, dan korban luka-luka sebanyak dua orang.

Di samping itu, bencana di Banjarnegara telah merusak sarana-prasarana perumahan sebanyak 16 unit, infrastruktur di sembilan lokasi, fasilitas sosial sebanyak dua unit, dan sarana-prasarana ekonomi di satu lokasi.

“Kami sudah mendorong bantuan logistik untuk korban longsor. Kami juga sudah menginfokan ke Dinas PUPR maupun instansi terkait lainnya karena ada jalan yang terputus dan saluran irigasi yang terkena longsor untuk ditindaklanjuti bersama,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo, seperti dikutip dari Antara, Senin (8/5/2023).

Dia mengatakan BPBD Banjarnegara mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana longsor dan melakukan evakuasi mandiri jika ada potensi bencana.

Hal itu perlu dilakukan karena berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi di Banjarnegara.

“Kami juga sudah mengimbau masyarakat untuk hati-hati karena hujan sering terjadi secara tiba-tiba pada malam hari. Termasuk juga menghindari perjalanan saat terjadi hujan, terutama di wilayah utara yang sementara ini banyak longsor di jalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya