SOLOPOS.COM - Batu berundak seperti anak tangga di Kedung Kempul Grobogan. (Istimewa/YouTube WISATA GROBOGAN)

Solopos.com, GROBOGAN — Kabupaten Grobogan yang memiliki wilayah terluas di Jawa Tengah namun memiliki penduduk yang sedikit ini telah lama dikenal karena keajaiban alamnya yang memikat.

Selama ini, daya tarik utama di Grobogan sering dikaitkan dengan Bledug Kuwu dan Api Abadi Mrapen. Memang, Bledug Kuwu dengan gunung lumpurnya yang ikonik dan Api Abadi Mrapen yang memancarkan api sejak lama telah menjadi simbol khas wisata Grobogan.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Selain kedua lokasi itu, Grobogan ternyata masih menyimpan pesona tersembunyi yang patut dicari para pelancong pedamba kedamaian dan keindahan alam. Tak banyak yang mengetahui tentang Kedung Kempul dan Kedung Tlawah yang menawarkan pesona berbeda dari ikon wisata Grobogan lainnya.

Kedung Kempul dan Kedung Tlawah merupakan dua objek wisata dalam satu wilayah, yaitu di wilayah Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Purwodadi. Tepatnya terletak di Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan. Berjarak kurang lebih 16,8 kilometer dengan waktu tempuh sekira 30 menit dari Alun-alun Purwodadi.

Perjalanan menuju Kedung Kempul dan Kedung Tlawah tidak sekadar mencapai tujuan, tetapi juga tentang perjalanan itu sendiri. Para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah sepanjang jalan. Melintasi persawahan menghijau dengan menghirup udara segar perdesaan yang masih alami.

Kedung Kempul dengan karakteristik alirannya yang berundak-undak seperti anak tangga memberikan pengalaman yang unik bagi para pengunjung. Meski debit airnya yang mengalir dengan cukup deras, namun tetap aman untuk digunakan bermain air sembari mengeksplorasi setiap anak tangga air dan menikmati aliran air yang menyegarkan.

Sementara Kedung Tlawah menawarkan daya tarik yang berbeda. Dengan air terjun setinggi 2,5 meter yang menciptakan suara gemercik yang menenangkan, pengunjung dapat merasakan kedamaian alam.

Di bawah air terjun itu terdapat kolam yang cukup dalam dan cocok untuk berenang. Kedung Tlawah menjadi tempat ideal bagi mereka yang ingin merasakan sensasi berenang di alam terbuka dengan pemandangan alam yang memesona.

Kini, kedua tempat wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang menghadirkan kenyamanan bagi para wisatawan. Disediakan tempat parkir, wisatawan tak perlu bingung menemukan tempat parkir.

Fasilitas musala, kamar mandi, hingga penginapan juga telah disediakan. Wisatawan tak perlu lagi khawatir karena objek wisata yang satu ini telah menggabungkan keindahan alam dengan fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya