SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis)

Pembangunan pelabuhan Onshore di Pekalongan diproyeksikan selesai pada 2019.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN- Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan, Jawa Tengah, akan menyelesaikan pembangunan pelabuhan onshore sebagai upaya mendukung industrialisasi perikanan dan mengembalikan kejayaan perikanan daerah setempat.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Kepala PPN Pekalongan, Mansur di Pekalongan, Kamis (17/12/2015), mengatakan, pembangunan pelabuhan onshore seluas 4,7 hektare ini akan kembali diselesaikan pada 2019.

“Pembangunan pelabuhan onshore ini sudah direncanakan sejak 2011 dan proses pembangunannya dilakukan secara bertahap,” katanya.

Ia mengatakan pada 2015, pembangunan pelabuhan onshore sudah sampai pada tahap pembuatan break water (Penahan gelombang) di sebelah timur kawasan pantai setempat.

“Nantinya setelah adanya pelabuhan onshore, hasil tangkapan ikan yang sudah berada di darat tetap pada kondisi segar sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan,” katanya.

Menurut dia, saat ini kendala yang dihadapi para nelayan adalah tingkat sedimentasi muara sungai yang relatif tinggi sehingga kapal kesulitan keluar dan masuk ke pelabuhan.

“Meski kami telah melakukan pengerukan lumpur di muara sungai pada Oktober 2015 tetapi pendangkalan masih terjadi sehingga sejumlah kapal ikan kesulitan keluar maupun masuk ke pelabuhan,” katanya.

Ia menambahkan tingginya tingkat pendangkalan lumpur tersebut karena muara merupakan tempat pertemuan antara arus dari sungai dengan laut sehingga sedimentasi seringkali terjadi di lokasi itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya