SOLOPOS.COM - Pembalap downhill saat lomba dalam ajang Java Series Downhill 2023 di Salib Putih Downhill track Salatiga, Minggu (7/5/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Sebanyak 236 pembalap downhill antusias menjajal Salib Putih Downhill Track Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Ajang Java Series Downhill 2023 tak hanya menarik pembalap lokal Jawa Tengah, para pembalap dari berbagai kota di Indonesia, bahkan dari Malaysia juga turut berpartisipasi.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Trek Salib Putih itu pun dirasa penuh tantangan karena trek basah akibat hujan di Salatiga. Para pembalap pun harus berjuang ekstra keras untuk menaklukan sirkuit sepanjang 1,4 kilometer.

Presiden CAF Indonesia, Mochamad Yanuar Anugrah, mengatakan Seri II Java Series Downhill 2023 ini sengaja dilaksanakan tepat setelah Lebaran.

“Kami sekaligus melihat antusiasme peserta yang ternyata mereka setelah capek-capek mudik, tetap semangat mengikuti seri ini,” ujarnya, Minggu (7/5/2023).

Lantaran kondisi trek yang basah, lanjut Yanuar, banyak peserta yang berjatuhan dan mengalami crash.

Riders atau pembalap memang harus berhati-hati dan siap karena lintasan belum kering sehingga kemampuan mereka sangat diuji,” jelasnya.

Race Director Java Series Downhill 2023, Purnomo, menyampaikan ada 236 pembalap yang berpartisipasi dalam seri di Salib Putih Downhill Track.

“Mereka berasal dari Padang, Jakarta, Malang, Yogya, bahkan ada yang dari Malaysia juga,” ujarnya.

Menurut Purnomo, selain menjadi ajang silaturahmi penggemar olahraga sepeda, seri ini juga bisa menjadi persiapan para pembalap untuk kompetisi selanjutnya.

“Sirkuit Salib Putih Salatiga ini kalau digolongkan masuk kelas menengah, jadi pembalap atau atlet pemula hingga senior bisa menjajalnya karena lintasannya meski bervariasi tidak terlalu ekstrem,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya