SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Antara)

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang mulai memberikan vaksin Covid-19 kepada ibu hamil. Menurut catatan Dinkes Kota Semarang total sudah sekitar 639 ibu hamil yang terpapar Covid-19 sejak Januari- Agustus 2021.

Sementara kasus ibu yang mengalami nifas terkonfirmasi Covid-19 mencapai 34 orang. Sedangkan bayi yang terpapar Covid-19 mencapai 27 kasus, dan bayi di bawah lima tahun mencapai 192 kasus.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Dinkes Kota Semarang, Moh Abdul Hakam, mengatakan ibu hamil menjadi prioritas sasaran vaksinasi Covid-19. Hal itu dikarenakan ibu hamil tergolong kelompok rentan atau mudah terpapar Covid-19. “Itu menjadi pengalaman kami. Juni-Juli kemarin kasus ibu hamil [terpapar Covid-19] banyak. Maka, kami berikan perlindungan melalui vaksinasi,” ujar Hakam, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Masuk Rekor Leprid, 10.310 Mahasiswa Baru Unnes Kenakan Pakaian Adat

Hakam menyebutkan total ada sekitar 3.600 ibu hamil di Kota Semarang yang menjadi sasaran vaksinasi. Kriteria ibu hamil yang bisa mendapatkan vaksin adalah usia kehamilan mulai 13 pekan atau trisemester kedua hingga ketiga.

“Makanya kami mulai luncurkan vaksinasi ibu hamil. Ini kami lakukan sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan tentang vaksinasi ibu hamil. Kami langsung alokasikan vaksin ke sasaran tersebut,” jelas Hakam.

Beri Sinovac

Hakam menambahkan vaksinasi ibu hamil secara teori boleh menggunakan vaksin jenis Moderna, Sinovac, dan Pfizer. Namun, stok vaksin yang tersedia di Kota Semarang untuk saat ini hanya jenis Sinovac dan Moderna. Akan tetapi, vaksin Moderna memiliki efek samping mual dan muntah. Demi keamanan, Dinkes Kota Semarang pun memberikan vaksin jenis Sinovac kepada ibu hamil.

Baca Juga: Banyak Toko Jual Tembakau Ilegal, Ini yang Bakal Dilakukan Bea Cukai Jateng-DIY

Vaksin kepada ibu hamil saat ini baru dilakukan di wilayah Kecamatan Tembalang. Vaksinasi dilakukan di Balai RW 002, Kelurahan Sendagguwo, Kecamatan Tembalang, Selasa. Total ada 100 dosis vaksin yang diberikan kepada ibu hamil di Kecamatan Tembalang. Ibu hamil yang mendapat vaksin itu memiliki usia kandungan lebih dari enam bulan.

“Ini baru kali pertama vaksinasi untuk ibu hamil. Penyelanggara dari BIN [Badan Intelijen Negara], Puskesmas Kedungmundu, Rowosari, dan Gercep,” ujar Camat Tembalang, Kusrin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya