SOLOPOS.COM - Camilan lanting, oleh-oleh khas Cilacap. (Istimewa/Instagram @mitafrilla)

Solopos.com, CILACAP — Saat berkunjung ke Cilacap, ada oleh-oleh yang tak boleh dilupakan. Oleh-oleh di Cilacap ini bukan sekadar cendera mata, tetapi juga menemani petualangan Anda dengan cita rasa yang tak terlupakan.

Menjelajahi kota ini seolah tak lengkap tanpa membawa pulang sepotong kenikmatan dalam bentuk oleh-oleh. Saat perut keroncongan atau suasana di rumah memanggil untuk bersantai, oleh-oleh dari Cilacap dengan rasa autentiknya siap menemani Anda membangkitkan kenangan indah dan kelezatan yang menggugah selera.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Ciri khas kuliner ini tidak hanya terbatas pada rempeyek yutuk dan sale pisang. Dalam berbagai pilihan oleh-oleh yang ditawarkan, kelezatan olahan berbahan dasar singkong juga tak kalah menggugah selera.

Diolah dari berbagai sumber, berikut ini tiga oleh-oleh khas Cilacap berbahan dasar singkong yang jadi incaran para wisatawan.

1. Lanting

Lanting memiliki ciri khas visual yang mencolok, yakni bentuknya yang menyerupai angka delapan atau biasanya juga sering dijumpai dengan bentuk lingkaran. Dengan cita rasa yang gurih, asin, dan renyah, lanting sering diserbu para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Camilan ini sering ditemukan dengan dua varian rasa utama, yaitu rasa bawang yang memberikan sentuhan klasik dan rasa pedas yang mengundang sensasi berbeda bagi para pencinta rasa pedas.

2. Gembus

Mungkin sudah tak asing di telinga, namun jangan salah paham, ini bukanlah tempe gembus dari olahan ampas tahu. Bentuknya pun sangatlah berbeda karena gembus singkong ini justru menyerupai donat.

Proses pembuatannya hampir sama seperti membuat donat. Singkong diparut, kemudian diperas dan dibumbui sebelum dikukus dan dibentuk mirip donat yang selanjutnya digoreng.

Gembus cocok disantap ditemani dengan secangkir teh atau kopi yang menciptakan suasana tenang.

3. Keripik Singkong

Dengan bentuk yang tipis dan cita rasa yang gurih, keripik singkong telah menjadi daya tarik yang tak bisa diabaikan bagi wisatawan yang mengunjungi Cilacap. Rasanya yang memikat selera setiap orang, dari yang muda hingga yang tua menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh yang paling dicari oleh para pengunjung yang ingin membawa pulang sepotong kenikmatan dari kota ini.

Oleh-oleh yang satu ini dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh penjuru kota Cilacap, memudahkan para wisatawan untuk membawanya pulang sebagai kenangan kuliner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya