SOLOPOS.COM - Logo Polda Jateng. (Dok. Bisnis.com)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak tiga Kepolisian Resor (Polres) di lingkungan Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) naik tingkat dari tipe D menjadi tipe C atau setara dengan Kepolisian Resor Kota (Polresta). Ketiga Polres yang naik tingkat menjadi Polresta itu yakni Polres Cilacap, Polres Pati, dan Polres Magelang.

Keputusan terkait peningkatan tipe tiga Polres di Jateng itu tertuang dalam surat keputusan Kapolri tanggal 30 Agustus 2022. Peningkatan tipe Polres Cilacap menjadi Polresta Cilacap tertuang dalam Surat Keputusan Kapolri Nomor Kep//1153/VIII/2022.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Sementara peningkatan tipe Polres Pati menjadi Polresta Pati tertuang dalam surat keputusan Kapolri Nomor Kep/1154/VIII/2022. Sedangkan keputusan peningkatan tipe Polres Magelang menjadi Polresta Magelang disampaikan dalam surat keputusan Kapolri Nomor Kep/1155/VIII/2022.

Sementara itu, dikutip dari Murianews.com, Kasi Humas Polres Pati, AKP Pujianti, mengatakan peningkatan tipe itu belum secara sah dilakukan. Pihaknya masih menunggu acara pengukuhan dari Polda Jateng.

“Saat ini belum [naik jadi Polresta]. Nanti ada acara pengukuhan dari Polda Jateng,” ujarnya.

Baca juga: 5 Polres di Jateng Naik Level, Salah Satunya Klaten

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, pernah mengusulkan lima polres di wilayahnya yang kini masih tipe D menjadi tipe C. Kelima Polres itu yakni Polres Cilacap, Polres Magelang, Polres Pati, Polres Batang, dan Polres Klaten.

Kala itu, Kapolda Jateng menyebut usulan peningkatan tipe polres itu dalam rangka pengamanan akselerasi pembangunan proyek strategis nasional yang harus diimbangi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

“Seperti halnya di Kabupaten Batang, kan banyak proyek strategis nasional yang harus diimbangi harkamtbmas yang lebih kondusif. Tentunya hal ini potensi polres akan lebih besar,” ujarnya.

Baca juga: Remaja yang Bunuh Teman di Kebun Kopi Magelang Divonis 8 Tahun Penjara

Kendati demikian, dari lima polres yang diusulkan naik dari tipe D menjadi tipe C, atau setara Polresta itu hanya disetujui tiga. Ketiga Polres itu yakni Polres Cilacap, Polres Pati, dan Polres Magelang.

Sekadar informasi, ada empat tipe Polres di Indonesia yang disesuaikan dengan kondisi wilayah dan tingkat kerawanan. Keempat tipe itu yakni Polres Metro, Polrestabes, Polresta, dan Polres.

Polres Metro dipimpin oleh perwira Polri berpangkat Kombes yang sudah senior. Sementara Polrestabes dipimpin Kombes yan sudah menjabat minimal tiga tahun.

Sedangkan Polresta dipimpin seorang Kombes yang baru naik pangkat atau junior. Sementara Polres dipimpin seseorang berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya