SOLOPOS.COM - Hamparan hijau di perkebunan teh Agrowisata Kaligua, Brebes. (Istimewa/Instagram @aisan_id)

Solopos.com, BREBES — Pesona alam di bawah kaki Gunung Slamet Jateng semakin menggoda para pencinta petualangan dan wisata alam. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes.

Gunung Slamet menawarkan panorama alam yang memukau, mulai dari hutan lebat, hamparan perkebunan, hingga sungai-sungai yang mengalir jernih. Keberagaman flora dan fauna yang hidup di sekitar kaki Gunung Slamet juga menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Tidak dapat dipungkiri bahwa pesona alam di bawah kaki Gunung Slamet merupakan anugerah dari alam yang perlu dijaga dan dilestarikan. Semakin banyak orang yang tertarik untuk menjelajahi keindahan alam ini, semakin penting pula upaya pelestarian lingkungan dan keberlanjutan pariwisata di kawasan ini.

Berikut tiga rekomendasi wisata alam yang berada di kaki Gunung Slamet.

1. Agrowisata Kaligua

Agrowisata ini berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Agrowisata ini terdiri atas hamparan luas tanaman perkebunan teh yang menawarkan kecantikan kebun teh, segarnya udara, dan merasakan sensasi cahaya matahari yang menyentuh kulit.

Kaligua Brebes
Mengabadikan momen di tengah perkebunan teh di Agrowisata Kaligua, Brebes. (Istimewa/Instagram @haniffss_)

Di perkebunan teh yang dikelola dan didirikan oleh PT Perkebunan Nusantara IX ini, pengunjung bisa menikmati berbagai kegiatan seru bersama keluarga dan sahabat dengan mengadakan outbound dan games, bermain sepeda air.

Selain itu bisa menilik Gua Jepang dan sumber mata air Tuk Bening, menyusuri Jembatan Ceria, hingga camping di tempat yang sudah disediakan.

2. Kutabawa Rainbow Garden

Berlokasi di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, taman bunga ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta fotografi dan wisatawan. Terletak di kaki Gunung Slamet, setiap sudut taman dipenuhi dengan beragam bunga yang menghadirkan lanskap indah dan menawan.

Kutabawa Rainbow Garden Purbalingga
Menikmati suasana asri di antara warna-warni bunga di Kutabawa Rainbow Garden, Purbalingga.(Istimewa/Instagram @setiawantegal)

Menikmati pemandangan warna-warni bunga dengan udara segar yang mengintari taman bunga menciptakan suasana rileks. Dengan pesona alamnya yang memukau dan suasana yang menenangkan, Kutabawa Rainbow Garden menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

3. Taman Wisata Air Panas Guci (Pemandian Air Panas Guci)

Dilansir oleh laman website visitjawatengah.jatengprov.go.id, wisata ini berlokasi di Desa Rembul, Kecamatan Bojong dan Desa Guci, Kecamatan Bumijiwa, Kabupaten Tegal.

Air Panas Guci Tegal
Berendam air panas di Guci, Tegal. (Istimewa/Instagram @wahid.zhein)

Daya tarik dari wisata ini adalah pengunjung bisa merasakan sensasi berendam di air panas alami. Sumber air panas ini berasal dari kandungan belerang yang dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit, seperti penyakit kulit, nyeri otot, dan masalah lainnya.

Wisata yang dikelilingi pepohonan hijau yang berada di kaki Gunung Slamet ini terus menarik perhatian pengunjung setiap harinya. Tak heran, keindahan alamnya yang memesona dan kepercayaan masyarakat akan khasiat air panas alaminya menarik minat banyak orang untuk datang dan merasakan pengalaman unik di tempat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya