SOLOPOS.COM - Eksotisme rumah pohon di Bukit Bejagan, Jepara. (Istimewa/Instagram @irroel_irroel)

Solopos.com, JEPARA — Kabupaten Jepara tak hanya memiliki pantai yang memesona. Di kabupaten ini juga menyimpan beragam keindahan wisata alam lainnya yang patut dieksplorasi.

Berikut adalah tiga rekomendasi wisata alam memesona di Jepara yang tidak kalah menariknya dari pantai.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

1. Air Terjun Grenjengan Dowo

Rekomendasi yang pertama adalah air terjun Grenjengan Dowo. Air terjun yang berlokasi di Desa Dudakawu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara ini masih dijaga keasriannya.

Air Terjun Grenjengan Dowo Jepara
Air terjun Grenjengan Dowo, Jepara. (Istimewa/Instagram @feliaiboy)

Bagi para pencinta alam dan ingin memacu adrenalin, destinasi yang satu ini wajib untuk dicoba. Tersembunyi di rerimbunan pohon dan perbukitan yang menjulang tinggi, keindahan alam air terjun ini tidak hanya menakjubkan tetapi juga menenangkan jiwa.

Akses menuju air terjun ini memerlukan perjalanan melalui jalur trecking yang menantang, melewati jalan setapak hingga menyeberangi sungai.

Namun di balik rintangan, sesampainya di lokasi pengunjung akan disuguhkan pemandangan spektakuler dan suara gemuruh air yang jatuh akan segera memuaskan setiap rasa lelah.

Bagi para pengunjung yang mencari ketenangan, air terjun Grenjengan Dowo adalah tempat yang sempurna untuk bermain air atau sekadar menikmati riuh bising suara alam.

2. Bukit Bejagan

Ingin menikmati pemandangan Jepara dari ketinggian? Bukit Bejagan yang satu ini juaranya.

Bukit Bejagan di Jepara
Rumah pohon Bukit Bejagan, Jepara. (Istimewa/Instagram @irroel_irroel)

Bukit yang jadi primadona anak muda ini terletak di Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Bukit ini menyuguhkan pemandangan alam tiada duanya dengan berbagai spot foto, mulai dari jembatan cinta hingga spot favoritnya adalah rumah pohon.

Puncak Bukit Bejagan menawarkan pemandangan luas yang menghadap ke arah laut, memberikan pandangan yang menakjubkan berupa pulau-pulau kecil dan garis pantai yang indah.

Nongkrong asyik sembari mencicipi kopi khas Desa Tempur jadi kegiatan paling banyak dilakukan oleh warga sekitar. Bukit Bejagan juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti toilet, gazebo, hingga musala.

Bukit Bejagan jadi destinasi rujukan untuk kamu yang ingin menjauh sejenak dari hiruk-pikuk kota dan merasakan ketenangan serta keindahan alam Jepara yang memikat.

3. Gunung Muria

Gunung Muria menjadi salah satu destinasi wisata pendakian paling populer di Jawa Tengah. Selama mendaki akan disuguhkan pengalaman petualangan yang mendebarkan dan pemandangan alam yang memukau.

Gunung Muria Jepara
Gunung Muria. (Istimewa/Instagram @rizqyauliaputra)

Gunung ini berbatasan dengan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Kudus di sisi selatan, Kabupaten Pati di sisi timur, dan Kabupaten Jepara di sisi barat laut.

Anda bisa menapaki Gunung Muria ini melalui jalur pendakian via Desa Tempur. Tapi tenang saja, pendakian di Gunung Muria ini memiliki rute pendakian yang aman, bahkan untuk kaum pemula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya