SOLOPOS.COM - Keseruan river tubing di Kali Tempur Jepara. (Istimewa/Instagram @kalitempuradventure)

Solopos.com, JEPARA — Selain dikenal dengan kerajinan kayunya yang tembus di pasaran mancanegara, Kabupaten Jepara di Jawa Tengah ini juga telah lama dikenal sebagai wilayah yang memiliki beragam objek wisata.

Letaknya yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa membuat Jepara dijadikan sebagai destinasi wisata berbasis perairan yang kian lama semakin memikat wisatawan dengan pesona alamnya. Selain bermain di pantai, nyatanya Jepara memiliki destinasi wisata berbasis perairan yang lainnya, lo.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Salah satu daya tarik tersembunyi yang mulai meraih perhatian, yakni wisata air kali atau sungai yang menawarkan pengalaman tak terlupakan di tengah keindahan alam Jepara yang terletak di kawasan lereng Pegunungan Muria.

Pemandangan asri dari lereng Pegunungan Muria memang tak ada habisnya untuk menghapus rasa lelah dari perjalanan yang ditempuh.

1. Kali Dayung

Kali ini juga sempat viral di media sosial (medsos). Tersembunyi di balik pepohonan rimbun, kali ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang ada di Jepara karena masih dijaga dengan keasrian alamnya berupa ranting-ranting kayu pepohonan menjulang tinggi.

Dalam dunia yang semakin serbasibuk, Wisata Kali Dayung memberikan peluang untuk menghentikan waktu sejenak. Wisata ini memberikan opsi kepada para wisatawan yang ingin merasakan dekapan air yang jernih dengan berendam, bermain arung jeram atau sekadar menyaksikan keindahan yang terhampar sembari duduk bersantai di atas bebatuan diiringi dengan gemercik air.

Berada di Desa Somosari, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, wisatawan memerlukan waktu tempuh sekira 15 menit dengan jarak tempuh sekira 7,5 kilometer menggunakan kendaraan pribadi dari arah pusat Kecamatan Batealit.

2. Kali Tempur

Bagi para pencinta adrenalin, Wisata Kali Tempur menjanjikan petualangan tak terlupakan dengan river tubing. Mengarungi sungai ditemani dengan pemandu, perjalanan melintasi arus air sungai dengan ban memberikan sensasi tantangan namun tetap menyenangkan.

Setelah bermain-main, wisatawan bisa menikmati secangkir kopi tempur yang khas. Tatkala menyeruput kopi yang autentik, wisatawan dapat merasakan kehangatan dan kenikmatan kopi yang diproduksi secara lokal.

Berlokasi di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, objek wisata ini dikenal sebagai desa tersembunyi ini akan menyuguhkan panorama alam Pegunungan Muria.

3. Kali Bening

Wisata yang satu ini bisa dibilang sebagai wisata all in one. Bagaimana tidak? Di sini, wisatawan dapat menikmati pesona air terjun, kolam renang, hingga menyusuri aliran sungai yang mengalir.

Terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, wisatawan perlu melintasi medan yang naik dan turun sebelum bisa sampai di lokasi.

Namun jangan khawatir, rasa lelah wisatawan akan sirna ketika berhadapan langsung dengan derasnya aliran air yang jatuh dan jernihnya air yang menyegarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya