SOLOPOS.COM - Curug Lima Semaya, Kedungbanteng, Banyumas. (Istimewa/Instagram @adityo_tomo)

Solopos.com, BANYUMAS — Nama Banyumas sudah tidak terdengar asing lagi di kalangan wisatawan.

Pesonanya yang menakjubkan dengan keberagaman alamnya yang menawarkan pemandangan memesona membuat Banyumas kian terdengar akrab di telinga masyarakat.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki beragam curug atau air terjun yang jadi destinasi wisata jujugan pengunjung. Tak ayal, Banyumas jadi pusat surganya curug di Jawa Tengah.

Di Banyumas sendiri terdapat beberapa curug. Diolah dari berbagai sumber, ini empat curug terindah di Banyumas:

1. Curug Kembar

Berlokasi di Dusun II, Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, curug ini memiliki dua aliran air. Alamnya yang masih asri membuat curug ini jadi tempat wisata yang mampu menghilangkan rasa penat dan kejenuhan.

Curug Kembar Baturraden Banyumas
Curug Kembar Baturraden Banyumas. (Istimewa/Instagram @rham.md)

Keunikan dari curug ini adalah ketika pada musim kemarau tiba, air yang ada di curug ini hilang dan yang tersisa hanya telaga berwarna hijau. Sehingga curug ini dinamai juga dengan sebutan Curug Telaga Hijau.

Namun, ketika musim hujan tiba, curug ini akan mengalirkan debit air dengan dua aliran air, maka dinamakan Curug Kembar.

Untuk rute perjalanannya, Anda membutuhkan waktu sekira 35 menit dan jarak tempuh sekira 13 kilometer dari Alun-alun Purwokerto.

2. Curug Telu

Memiliki jarak yang tak jauh dari wisata Baturraden, curug ini berlokasi di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Curug ini memiliki tiga aliran air.

Curug Telu Baturraden Banyumas
Curug Telu Baturraden Banyumas. (Istimewa/Instagram @dikikhaerudin)

Akrab dikenal sebagai tempat mandi para bidadari, curug ini berasal dari tiga sumber mata air berbeda, yaitu dari Sungai Kisapin, Sungai Buntu, dan Sungai Pelus. Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa mengambil belokan ke kanan sebelum memasuki gerbang pertama Baturraden.

Untuk rute dari Alun-alun Purwokerto, Anda membutuhkan waktu sekira 35 menit dan jarak tempuh sekira 14 kilometer.

3. Curug Lima Semaya

Terletak di Dusun II, Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, curug ini jadi hidden gem terbaik. Bagaimana tidak? Untuk akses menuju curug ini Anda harus melakukan tracking yang cukup melelahkan.

Curug Lima Semaya Banyumas
Curug Lima Semaya Banyumas. (Istimewa/Instagram @adityo_tomo)

Namun di balik lelahnya perjalanan, sesampainya di sana Anda akan disambut dengan indahnya lima aliran air yang sedang terjun bebas. Rute dari Alun-alun Purwokerto, Anda membutuhkan waktu tempuh sekira 40 menit dengan jarak tempuh sekira 16 kilometer.

4. Curug Nangga

Berlokasi di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen (Ajibarang), Kabupaten Banyumas, curug ini memiliki keunikan dibanding dengan curug lainnya. Memiliki tujuh tingkatan dengan masing-masing bervariasi 10-20 meter, curug ini sukses menarik atensi wisatawan untuk berkunjung.

Curug Nangga Banyumas
Curug Nangga, Pekuncen (Ajibarang), Banyumas. (Istimewa/Instagram @haniffss_)

Konon, untuk kemudahan dalam penyebutannya, nangga diambil oleh masyarakat setempat karena curug ini berbentuk seperti tangga. Walaupun tersembunyi, rute untuk ke curug ini sudah diaspal, namun medan yang dilalui tetap menanjak dan menurun.

Untuk mencapai curug ini, Anda memerlukan waktu tempuh sekira 1 jam dengan jarak tempuh 31 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya