SOLOPOS.COM - Wisata Kuliner Pasar Slumpring di Tegal. (Istimewa/infotegal.com).

Solopos.com, TEGAL Kota Tegal yang dulunya pernah dijuluki sebagai kota Jepangnya Indonesia ini ternyata memiliki banyak potensi wisata di dalamnya. Pemerintah Kabupaten Tegal terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi daerahnya.

Salah satunya dengan menjadikan Desa Cempaka sebagai desa wisata berbasis masyarakat. Desa Wisata Cempaka terletak di selatan Kabupaten Tegal, tepatnya di lereng Gunung Slamet.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Melansir dari berbagai sumber, Kabupaten Tegal sendiri sudah mencanangkan setidaknya 16 desa yang dijadikan sebagai kawasan desa wisata. Salah satunya adalah Desa Wisata Cempaka tersebut.

Desa Wisata Cempaka memiliki empat daya tarik wisata yang menjadi unggulannya, berikut ini penjelasannya:

1. Sumber Mata Air Tuk Mudal dan Tuk Pitu

Tuk Mudal merupakan salah satu telaga yang berada di tengah Desa Cempaka. Tuk Mudal ini awalnya digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga dan pengairan bagi pertanian sekitar.

Seiring berjalannya waktu, atas inisiatif warga sekitar Tuk Mudal ini akhirnya dibuat kolam pemandian untuk wisata masyarakat umum.

Tuk Mudal bersumber dari empat mata air, yaitu Tuk Blambangan, Tuk Pengayeman, Tuk Gorang, dan Tuk Nangkaair. Aliran yang keluar dari Tuk Mudal ini bersatu dengan aliran tiga mata air lainnya sehingga disebut dengan nama Tuk Pitu dan dipercaya menjadi air yang memiliki khasiat luar biasa.

2. Pasar Slumpring

Pasar Slumpring adalah pasar tradisional yang digagas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Cempaka untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar melalui kegiatan pariwisata. Nama Slumpring diambil dari kata pring atau bambu dalam bahasa Jawa.

Konsep Pasar Slumpring sendiri adalah menjajakan makanan dan minuman tradisional zaman dulu yang berlokasikan di kebun bambu. Uniknya, alat jual beli yang digunakan di pasar ini bukan menggunakan uang melainkan alat tukar berupa iratan bambu. Oleh karena itu, pengunjung harus menukarkan uangnya terlebih dahulu untuk transaksi jual beli di pasar ini.

3. Bukit Bulak Cempaka

Bukit Bulak Cempaka (BBC) merupakan objek wisata bukit yang berada di ujung Desa Cempaka, berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes.

BBC langsung menghadap ke arah barat dengan pemandangan berupa persawahan dan perkampungan di wilayah Kabupaten Brebes. Bukit ini dilengkapi dengan berbagai gazebo dan spot foto menarik yang memuaskan pengunjung dengan suasana yang sejuk.

4. Camping Ground Hill Top

Tempat ini merupakan arena camping ground di bukit barisan tepian Desa Cempaka yaitu Bukit Bulak, Bukit Cengis, Bukit Mengger, dan Bukit Brongkol.

Keempat bukit itu menawarkan sensasi yang berbeda untuk kepuasan kegiatan camping. Bukit Bulak cocok bagi pengunjung yang tidak terlalu suka untuk menaiki bukit yang terjal.

Bukit Cengis dan Mengger memiliki ketinggian yang medium. Bagi yang ingin lebih menantang dapat mencoba camping di Bukit Brongkol, yakni bukit tertinggi di Desa Cempaka yang akan memberimu sensasi seperti berada di atas awan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya