SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo dalam wawancara eksklusif Mata Najwa: Ganjar Pranowo dan Piala Dunia yang diunggah di Youtube Najwa Shihab, Selasa (4/4/2023) siang.

Solopos.com, SEMARANG — Jawa Tengah (Jateng) menjadi provinsi dengan kota paling toleran terbanyak di Indonesia. Dari 10 kota paling toleran di Indonesia versi Setara Institute, empat di antaranya berasal dari Jateng.

Empat kota tersebut yaitu, Kota Salatiga (urutan kedua), Kota Surakarta (ururan empat), Kota Semarang (urutan tujuh) dan Kota Magelang (urutan sepuluh).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku senang dengan capaian itu. Ganjar pun berharap, semakin banyak daerah lain yang mendapat predikat toleran di Jateng dan juga di seluruh Indonesia.

“Iya, mudah-mudahan akan semakin banyak kota toleran di Indonesia. Kalau enggak salah, nomor satu Singkawang ya, kedua Salatiga dan Solo juga masuk,” kata Ganjar seusai mengecek persiapan Paskah di Gereja Santo Antonius Surakarta, Sabtu (8/4/2023).

Menurut Ganjar, dengan banyaknya kota toleran, maka Indonesia bisa semakin berperan dalam membangun kedamaian di bumi. Di mana semua masyarakat dari berbagai latar belakang agama, ras, suku dan golongan bisa hidup berdampingan dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

“Mau beda agama, suku, ras dan golongan enggak masalah. Kalau semua toleran, pasti membikin hidup kita nyaman semuanya,” tuturnya.

Sekadar informasi, Setara Institute merilis laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022. Terdapat 10 kota dengan skor toleransi paling tinggi dari 94 kota yang menjadi objek kajian. Predikat pertama kota paling toleran di Indonesia diraih Singkawang, kedua Salatiga, dan ketiga Bekasi.

Sementara urutan empat adalah Surakarta atau Kota Solo, kelima Kediri, keenam Sukabumi, ketujuh Semarang, kedelapan Manado, kesembilan Kupang dan kesepuluh Magelang.

Sementara itu pada laporan Indeks Kota toleran (IKT) 2021, dari 10 kota paling toleran yang dirilis, tiga di antaranya jugaa dari Jateng. Ketiga daerah itu yakni Kota Salatiga, Kota Magelang, dan Kota Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya