SOLOPOS.COM - Ilustrasi momoh, makanan khas daerah Kendal. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, KENDAL-Berkunjung ke Kabupaten Kendal, tidak afdol rasanya bila tak mencicipi aneka kuliner khas daerah tersebut. Nah bagi kamu penggemar wisata keplek ilat, simak ulasannya di tips traveling kali ini.

Berbeda dengan Semarang atau Solo yang aneka makanan khasnya sudah populer, makanan Kabupaten Kendal belum banyak dikenal wisatawan. Karena kurang dikenal para penggemar wisata kuliner,  Kendal jarang menjadi tujuan wisata kuliner.  Namun bukan berarti Kendal tak memiliki sajian khas yang  menggoda selera pemburu kuliner.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Aneka sajian menggoda selera dan bercita rasa tinggi mulai dari yang pedas, hingga bercita rasa gurih, semua ada. Beberapa menu  ada yang namanya dengan kuliner dari daerah lain di Jawa Tengah, namun sudah pasti memiliki ciri khas atau pembeda tersendiri.

Berikut ini aneka kuliner khas Kendal yang menggoyang lidah seperti dikutip dari kendalkab.go.id pada Kamis (24/8/2023):

1. Satai Sapi Bumbon

Sajian ini dikenal punya rasa yang lumayan manis dan gurih. Di daerah Pegandon Kendal,  wisatawan bisa menemukan penjual sate bumbon yang sangat dikenal. Lokasinya di Timur Perempatan Jalan Pegandon.  Salah satu sajian khas Kendal  ini dibuat dari daging sapi pilihan yang bertekstur lembut.  Para penikmat kuliner tak akan merasa kesulitan ketika mengunyah daging satai lantaran sangat lunak dan tidak terasa alot.

2. Brongkos

Kuliner khas Kendal berikutnya adalah brongkos. Berbahan dasar daging sapi, kuliner ini rasanya sangat enak gurih. Bumbu rempah khas Kendal, membuat rasa brongkos begitu gurih dengan cocolan cabai hijau terasa sedap di lidah, segar di mulut. Pedasnya bisa disesuaikan dengan cabai utuh ke dalamnya. Menu ini cukup mudah dijumpai, terutama  di wilayah Kabupaten Kendal bagian pegunungan khususnya di Kecamatan Sukorejo.

3. Momoh

Nama Menu ini cukup asing bagi orang luar Kendal. Kuliner special yang khas di Kaliwungu Kendal ini merupakan sajian andalan yang sedikit ekstrem. Tidak semua orang terbiasa atau berani makan jeroan sapi. Namun jika mencoba kelezatan menu ini bisa bikin ketagihan. Dimasak bersama rempah-rempah yang kental  menjadi khas Kaliwungu Kendal. Masakan Momoh ini banyak dijumpai di wilayah Pantura Kendal. Namun paling terkenal dan enak adalah menu momoh berasal dari daerah Kaliwungu.

4. Mangut Lele

Kuliner khas Kendal berikutnya adalah mangut lele. Berbeda dengan daerah lain, masakan dari Kendal tidak dibuat dari bahan ikan laut, tetapi terbuat dari ikan air tawar yakni dari ikan lele. Cita rasa yang ditawarkan manis dan pedas, sangat cocok bagi penggemar masakan pedas. Rasanya sangat menantang. Jika kamu sedang berada di Jalan Pantura Kaliwungu, Kendal, jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya