SOLOPOS.COM - Telaga Warna Dieng Wonosobo. (Istimewa/visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, WONOSOBO — Berbicara tentang destinasi wisata, Jawa Tengah tak ada habisnya untuk menarik atensi para wisatawan. Di Jawa Tengah yang luas ini, terdapat begitu banyak tempat menakjubkan yang menunggu untuk ditemukan.

Menyimpan pesona alam yang luar biasa, sejuta destinasi wisata alam di Jawa Tengah memiliki romansa tersembunyi yang perlu dijelajahi lebih dalam. Di musim kemarau dengan cuaca panas yang menyengat ini, bermain air bisa menjadi pilihan yang menyegarkan dan menyenangkan untuk meredakan panas sekaligus mencetak momen kesegaran yang tak terlupakan.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Diolah dari berbagai sumber, berikut ini ada empat rekomendasi telaga tercantik yang ada di Jawa Tengah:

1. Telaga Warna

Siapa yang belum mengenal tempat wisata ini? Terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, telaga ini jadi jujugan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Telaga Warna Dieng Wonosobo
Telaga Warna Dieng Wonosobo. (Istimewa/visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Dinamai dengan telaga warna karena telaga ini memiliki keajaiban warna airnya yang berubah-ubah. Bukan tanpa sebab, perubahan warna disebabkan oleh kandungan belerang yang cukup tinggi pada telaga ini. Eksotisme keindahan kilau warna air telaga yang dikelilingi oleh pepohonan yang berada di bukit.

2. Telaga Dringo

Dinobatkan sebagai Ranu Kumbolonya Jawa Tengah, telaga ini terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Telaga ini berada di posisi perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang.

Telaga Dringo Banjarnegara
Telaga Dringo Banjarnegara. (Istimewa/Instagram @jhoe.photograf)

Nama dringo diambil untuk merepresentasikan keunikan telaga ini yang memiliki tumbuhan yang hidup dan tumbuh alami di sekitar telaga, yaitu tanaman dringo. Selain menikmati keanggunan Telaga Dringo, pengunjung juga bisa berkemah di lokasi yang sudah disediakan.

Lantaran lokasinya yang tak jauh dari wisata utama Dieng, di telaga ini disebut sebagai pusat embun es karena kerap muncul embun es.

3. Telaga Sunyi

Telaga yang memiliki kedalaman ± 5 meter ini masih terjaga keasrian alamnya. Dikelilingi oleh hutan pinus dan damar, telaga ini menciptakan atmosfer yang tenang dan damai, sehingga dijuluki sebagai Telaga Sunyi.

Telaga Sunyi Banyumas
Telaga Sunyi Banyumas. (Istimewa/Instagram @maslindu69)

Aliran air yang berasal dari mata air Gunung Slamet ini menambah sensasi dingin menyegarkan. Terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, telaga ini bisa jadi destinasi wisata yang wajib ditambahkan di daftar kunjungan destinasi wisatamu.

4. Telaga Bedakah

Terletak di Dusun Bedakah, Desa Tlogomulyo, Kecamatan Kertek, Wonosobo, telaga ini menambah daftar panjang wisata alam yang dimiliki oleh Wonosobo. Telaga yang berada di kaki Gunung Sindoro dan Gunung Kembang ini difungsikan sebagai penampungan air guna menyejahterakan kehidupan masyarakat lokal sekitar.

Telaga Bedakah Wonosobo
Telaga Bedakah Wonosobo. (Istimewa/Instagram @skysoultan)

Tercipta suasana menyegarkan yang ditambah dengan pemandangan hamparan Kebun Teh Bedakah. Seolah menunggu untuk dikunjungi, Anda tak perlu ragu dengan keindahan yang ditawarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya