SOLOPOS.COM - Keliling Desa Candirejo menggunakan dokar. (Istimewa/candirejo.com)

Solopos.com, MAGELANGDesa wisata kini mulai dikembangkan dan menjadi populer di kalangan wisatawan. Salah satunya, yaitu Desa Wisata Candirejo yang lokasinya lumayan dekat dengan kawasan Candi Borobudur, Magelang.

Desa Wisata Candirejo terletak di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Potensi yang dimiliki Desa Candirejo ini sendiri sebenarnya sudah cukup memungkinkan untuk dijadikan kawasan wisata.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Potensi alam, sistem pertanian, aktivitas masyarakat, kebudayaan, kerajinan, makanan khas, menjadi sektor yang dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata yang dikelola dengan baik masyarakat Desa Candirejo.

Memiliki banyak potensi, Desa Candirejo kini dikembangkan menjadi wisata edukasi sekaligus destinasi wisata yang menyenangkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa aktivitas seru yang dapat Anda coba saat berlibur ke Desa Wisata Candirejo, Magelang.

1. Menikmati pemandangan menawan dari atas Bukit Manoreh

Lantaran terletak di lereng gunung, sangat memungkinkan untuk menemukan daerah perbukitan yang cocok dijadikan wisata alam yang menarik. Pemandangan asri nan hijau dari bukit Manoreh ini cukup populer dan paling dinanti-nanti para wisatawan.

Akan nampak juga tumpang sari atau sistem pertanian tradisional khas masyarakat Manoreh yang mengikuti kontur tanah lereng gunung menjadi panorama yang tak kalah istimewanya.

2. Berkeliling Desa Candirejo dengan beragam sarana

Mengunjungi sebuah desa wisata, sayang untuk dilewatkan tanpa berkeliling menikmati suasana pedesaan Candirejo. Suasana perdesaan akan mengingatkanmu pada kampung halaman dan indahnya akan kesederhanaan.

Dengan suasana yang asri dan tenang akan membuat rasa lelah siapapun yang hadir hilang. Untuk berkeliling lebih jauh disediakan juga transportasi, seperti dokar dan sepeda bagi yang ingin menyewanya.

3. Belajar menjadi warga desa

Masyarakat juga membuka bagi siapapun yang ingin mencoba aktivitas sederhana warga desa. Misalnya menangkap ikan di sungai bukan dengan memancing melainkan menggunakan perangkap ikan tradisional yang disebut bronjong.

Selain itu, aktivitas warga lain yang dapat dicoba, yaitu memberi makan ternak, membuat kerupuk, membuat kerajinan, dan kegiatan lainnya.

4. Memacu adrenalin dengan offroad di Desa Wisata Candirejo

Bagi penyuka adrenalin wisata offroad menggunakan jip sangat recomended untuk dicoba. Desa Wisata Candirejo menawarkan wisata offroad melewati jalan-jalan dengan kontur perbukitan di kawasan Menoreh, menyeberangi Kali Progo, dan berakhir di spot Watu Kendil.

5. Wisata kuliner sambil melihat proses pembuatannya

Tak ketinggalan, di setiap wisata aktivitas yang wajib dilakukan adalah jelajah kulinernya. Menariknya, di Desa Wisata Candirejo ini, Anda bukan hanya akan mencicipi makanan sedapnya melainkan sekaligus dapat melihat cara pembuatannya langsung.

Salah satu kuliner lokalnya yang menggoyang lidah, yaitu mangut beong. Olahan ini terbuat dari ikan beong khas Sungai Progo yang dimasak dengan santan serta bumbu rempah kuning yang gurih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya