SOLOPOS.COM - Dusun Semilir, menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Kabupaten Semarang atau paling banyak dikunjungi wisatawan. (Instagram @dusunsemilir)

Solopos.com, UNGARAN — Kabupaten Semarang di Jawa Tengah (Jateng) dikenal memiliki berbagai daya tarik wisata baik yang bertema alam, budaya, hingga minat khusus. Nah, berikut daftar tempat wisata di Kabupaten Semarang yang paling banyak dikunjungi wisatawan atau terpopuler sepanjang tahun 2022.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Semarang yang ditampilkan dalam Kabupaten Semarang Dalam Angka 2023, ada sekitar 51 tempat wisata di Kabupaten Semarang. Dari 51 objek wisata itu dibagi dalam beberapa tipe, yakni alam, budaya, buatan dan minat khusus.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Total ada sekitar 10 tempat wisata yang mengusung tema alam. Sedangkan wisata budaya mencapai lima tempat, wisata buatan 32 lokasi, dan wisata minat khusus sebanyak empat lokasi.

Dari 5 tempat wisata di Kabupaten Semarang itu beberapa masuk kategori terpopuler karena paling banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan tempat wisata yang lain. Bahkan, salah satu di antaranya sanggup menarik pengunjung hampir 1 juta wisatawan sepanjang tahun 2022.

Berikut lima tempat wisata terpopuler atau paling banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Semarang:

1. Dusun Semilir

Dusun Semilir merupakan area kawasan wisata yang berada di Jalan Soekarno-Hatta No. 49, Bawen, Kabupaten Semarang. Di objek wisata ini, wisatawan bisa menikmati berbagai wahana mulai dari perosotan warna-warni, restoran, kafe, hingga tempat membeli suvenir.

Dusun Semilir memadukan konsep suasana alam berupa pedesaan dengan konpes kekinian. Bahkan arsitektur bangunan dan desain interiornya pun memiliki ciri khas yang memberikan kesan tak terlupakan bagi pengunjung yang hadir.

Dusun Semilir menjadi tempat wisata terpopuler atau paling banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Semarang sepanjang tahun 2022. Jumlah kunjungan wisatawan di Dusun Semilir pada tahun lalu mencapai 736.176 orang.

2. Cimory on the Valley

Lokasi Cimory on the Valley tak terlalu jauh dengan Dusun Semilir. Lokasi tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta Km 30, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas.

Cimory on the Valley merupakan tempat wisata yang mengusung konsep rekreasi dan edukasi yang sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak. Tempat ini sebenarnya merupakan restoran yang berkonsep wisata edukasi.

Di sini, pengunjung tidak hanya bisa menyantap makanan yang disajikan dengan menu utama susu sapi, taapi juga bisa berkeliling di peternakan sambil menyaksikan satwa.

Sepanjang tahun 2022, Cimory on the Valley mampu menarik minat 427.924 wisatawan.

3. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan objek wisata sejarah yang berada di lereng Gunung Ungaran. Candi Gedong Songo yang terletak di Kecamatan Bandungan ini menjadi tempaat wisata terpopuler ketiga atau paling banyak dikunjungi wisatawan ketiga di Kabupaten Semarang.

Jumlah kunjungan objek wisata Candi Gedong Songo sepanjang tahun 2022 mencapai 426.267 orang. Dari jumlah sebanyak itu, 529 orang di antaranya merupakan wisatawan mancanegara atau wisman.

4. Makam Hasan Munadi Nyatnyono

Di urutan nomor empat tempat wisata terpopuler atau paling banyak dikunjungi di Kabupaten Semarang ada Makam Hasan Munadi di Nyatnyono, Kecamatan Ungaaran Barat.

Makam Hasan Munadi di Nyatnyono ini merupakan tempat wisata berbasis religi. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini untuk mencari berkah, sambil berziarah ke makam tokoh yang disebut-sebut sebagai penyebar agama Islam di wilayah Ungaran itu.

Jumlah kunjungan wisatawan di Makam Hasan Munadi Nyatnyono sepanjang tahun 2022 mencapai 230.962 orang.

5. Bukit Cinta

Bukit Cinta merupakan objek wisata yang terletak bersebelahan dengan Danau Rawa Pening di Kabupaten Semarang.

Jumlah kunjungan wisatawan di Bukit Cinta juga tergolong banyak sepanjang tahun 2022. Bahkan, Bukit Cinta mampu menempati urutan kelima dalam daftar tempat wisata paling banyak dikunjungi wisatawan atau terpopuler di Kabupaten Semarang.



Jumlah kunjungan wisatawan di Bukit Cinta sepanjang 2022 mencapai 203.594 orang yang keseluruhannya merupakan wisatawan domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya