SOLOPOS.COM - Ilustrasi hutan lindung di Jawa Tengah. (Istimewa/www.freepik.com)

Solopos.com, SEMARANGIndonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia. Sebagai salah satu negara yang disebut sebagai paru-paru dunia, Indonesia juga menjadi negara produsen oksigen sekaligus penyimpan karbon berkat luasnya lahan tutupan yang dipunya.

Berperan vital dalam menghasilkan oksigen dan menekan kenaikan suhu bumi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah berupaya menyelesaikan penataan kawasan hutan pada 2023.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Dilansir dari laman website www.perhutani.co.id pada Sabtu (22/7/2023), Jawa Tengah memiliki luas kawasan hutan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah dengan total 635.764,79 hektare yang terdiri dari hutan produksi 367.345,66 hektare, hutan produksi terbatas 183.935,01 hektare dan hutan lindung 84.466,12 hektare.

Dilansir dari laman website jateng.bps.go.id, dengan total luas Jawa Tengah yang tembus di angka 34.337 km2, ini dia lima kabupaten/kota dengan kawasan hutan lindung terluas di Jawa Tengah.

1. Kabupaten Wonogiri

Sesuai dengan penamaannya, Wonogiri berasal dari kata wana dan giri. Wana sendiri memiliki arti alas/hutan/sawah. Sementara giri memiliki arti gunung/pegunungan.

Dari namanya saja sudah merepresentasikan luasnya Wonogiri yang ditumbuhi berbagai macam pepohonan. Dengan luas hutan lindung 11?875,63 hektare, hutan lindung di Wonogiri ditumbuhi pepohonan jati, mahoni, kayu putih, dan akasia.

2. Kabupaten Purbalingga

Dijuluki sebagai Kota Perwira, Purbalingga memiliki luasan 10?944,03 hektare dengan dihuni mayoritas hutan pinus. Kepemilikan hutan luas ini semakin meneguhkan diri Purbalingga sebagai salah satu lokasi konservasi alam yang memiliki peran vital dalam menyangga ekosistem dan keanekaragaman hayati, mitigasi dan penanggulangan bencana, pendidikan, pariwisata, hingga agroforestri.

3. Kabupaten Banyumas

Diapit dengan rerimbunan tumbuhan yang menjulang tinggi, Banyumas memiliki luas lahan hutan lindung sebesar 7 985,22 hektare yang ditumbuhi hutan pinus dan tanaman endemik lainnya.

Hutan lindung ini difungsikan sebagai pilar utama penyangga kehidupan mulai dari regulasi air, pencegahan banjir, pengendalian erosi, pencegahan intrusi air laut hingga melestarikan kesuburan tanah.

4. Kabupaten Karanganyar

Kabupaten dengan luasan 7?080,20 hektare ini menyuguhkan keindahan alam hutan lindung yang kemudian difungsikan sebagai salah satu sarana edukasi pengetahuan masyarakat mengenai keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya.

Dijadikan sebagai tempat wisata, hutan ini dihuni beragam jenis fauna dan mayoritas dipenuhi dengan tanaman pinus dan beragam vegetasi tanaman mulai dari akasia, palem, hingga kantong semar.

5. Kabupaten Brebes

Jadi salah satu kabupaten yang berada di kaki Gunung Slamet, Brebes memiliki luasan hutan lindung sebesar 6?252,88 hektare. Tak hanya dikelola tak hanya sebagai pemasok oksigen untuk keberlangsungan makhluk hidup, melalui program penanaman pohon yang masih dan upaya konservasi yang intensif, hutan lindung di Brebes difungsikan guna memperkuat lapisan tanah dalam menahan air sebagai langkah mitigasi dan penanggulangan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya