SOLOPOS.COM - Pengunjung terlihat mendatangi Pasar Sentiling yang menyajikan aneka kuliner di Kota Lama Semarang, Jumat (15/9/2023) malam. (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG – Pasar Sentiling atau pasar kuliner legendaris hadir di Festival Kota Lama Semarang yang digelar sejak 7-17 September 2023. Tak tanggung-tanggung ada sekitar 58 jenis kuliner legendaris dan modern yang dihadirkan dalam event ini, di mana salah satunya adalah kuliner favorit Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Pasar Kuliner Sentiling saat ini memang menjadi salah satu daya tarik di festival tahunan itu. Pasar ini mulai buka pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Lokasi Pasar Sentiling ini berada di Metro Point Kota Lama Semarang. Saat sore hingga malam hari, pasar kuliner ini pun cukup ramai dihadiri pengunjung. Hal itu dikarenakan saat sore hari, cuaca di Kota Semarang tidak terlalu panas. Pengunjung juga bisa menikmati landscape terbaik di Kota Lama mulai dari Gereja Blenduk, Taman Srigunting, hingga Gedung Marba.

Sejumlah kuliner juga bisa dicoba di Pasar Kuliner Sentiling mulai dari Sate Kambing Pak Bedjo, Tengkleng Gajah, Nasi Jambang khas Cirebon, es campur Sinar Garut dan Mangga Smoothies hingga cemilan favorit langganan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yakni Pisang Plenet Pemuda.

Penjual Pisang Plenet Pemuda, Yanis, 28, mengatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa kali jajan pisang plenet miliknya. Generasi keempat Pisang Plenet Pemuda ini senang karena Pasar Sentiling di Festival Kota Lama Semarang bisa mengakomodasi penjual makanan legendaris agar terus dikenal oleh masyarakat.

“Iya beberapa kali [Menkeu] beli. Kita sudah ada sejak 1952, saya generasi keempat. Jualannya dari dulu di Jalan Pemuda, tempatnya sempat geser sedikit,” ujar Yanis saat dijumpai Solopos.com, Jumat (15/9/2023) malam.

Pisang plenet merupakan cemilan dari pisang yang dibakar kemudian diplenet atau ditekan tekan hingga gepeng. Pisang kemudian ditumpuk dan diberi topping sesuai selera mulai dari meses, gula halus, atau selai buah.

“Dulu cuma nanas sama gula [topping]. Sekarang ada request anak muda, jadi ada pilihan cokelat, gula, keju, kacang, dan nanas,” jelasnya.

Kursi yang disediakan di Pasar Sentiling Kota Lama Semarang untuk pengunjung yang ingin makan langsung ditempat juga cukup banyak dan sangat bersih. Petugas kebersihan sangat sigap membersihkan begitu ada meja kotor atau sampah yang tertinggal.

Namun, transaksi di Pasar Sentiling ini hanya bisa menggunakan QRIS atau pembayaran digital dengan barcode. Sementara range harga makanan dan minuman yang ditawarkan mulai dari Rp35.000 hingga Rp90.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya