SOLOPOS.COM - Penjabat Bupati Brebes, Urip Sihabudin, didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes menerima audiensi Paguyuban Kepala Desa Sedulur Asih Kec Losari di Kantor Kecamatan Losari, Brebes, Selasa (21/2/2023). (Dokumentasi Pemkab Brebes)

Solopos.com, BREBES – Sepanjang 624 kilometer ruas jalan di Kabupaten Brebes rusak. Penjabat (Pj) Bupati Brebes punya rencana untuk menangani kerusakan jalan, maupun infrastruktur lainnya.

Penjabat Bupati Brebes, Urip Sihabudin, menjelaskan penanganan jalan rusak maupun infrastruktur lainnya tidak sepenuhnya ditangani Pemkab Brebes lantaran keterbatasan anggaran. Menurut Urip, Pemkab Brebes hanya mampu memperbaiki jalan rusak yang pendek.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Untuk memperbaiki jalan rusak yang panjang, Pemkab harus minta bantuan ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU), ataupun ke Dinas PU Provinsi Jawa Tengah. Hal tersebut disampaikan Urip, didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, Sutaryono, saat menerima audiensi Paguyuban Kepala Desa Sedulur Asih Kec Losari di Kantor Kecamatan Losari, Brebes, Selasa (21/2/2023).

Dikutip dari brebeskab.go.id, Urip mengaku telah menghadap pejabat terkait di Kementerian PUPR bersama Kepala DPU Brebes Sutaryono. Keduanya menginformasikan sekaligus meminta bantuan bahwa jalan rusak di Brebes mencapai sepanjang 624 km. Urip juga telah minta tolong agar jalan, terutama di jalur ekonomi agar segera dibantu perbaikannya.

“Kalau jalur jalur yang luas dan banyak, saya mintakan ke kementerian dan untuk jalur medium saya mintakan ke Provinsi. Sedangkan yang pendek-pendek saja dan kecil yang kami tangani sendiri. Saya meyakini dengan cara itu, dua hingga tiga tahun jalan di Brebes akan lebih baik lagi,” ucap Urip.

Urip juga mengatakan dirinya sangat terbuka bagi masyarakat dengan berbagai macam permasalahan. Dia menyatakan 24 jam siap menerima kedatangan para kades di kantor maupun di rumah dinas, baik secara rombongan maupun perorangan. Termasuk menerima masukan saran dan pendapat dari para kepala (kades).

“Semua saran dan pendapat serta keinginan dari para Kades, bila catatan masukan yang bersifat untuk kepentingan umum, saya siap menerima dan menindaklanjutinya,” tandas Urip.

Sutaryono menjelaskan permasalahan yang dihadapi para kades terkait jalan rusak adalah masalah anggaran. Anggaran perbaikan jalan memang berkurang. Tahun ini, wilayah Kecamatan Losari sudah dianggarkan senilai lebih dari Rp4 miliar untuk perbaikan jalan.

Sutaryono menjelaskan kategori jalan kabupaten di Brebes ada sepanjang 600 km lebih, sedangkan jalan poros sepanjang 700 km lebih atau totalnya tercata 1.350 km. Sementara Ketua Paguyuban Kades Sedulur Asih Untung Surodi meminta Penjabat Bupati Brebes segera mengecor jalan yang rusak parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya