SOLOPOS.COM - ilustrasi

Kegiatan TNI dari Kodim 0722/Kudus dalam menghijaukan lahan dilakukan dengan menanam ribuan bibit pohon.

Semarangpos.com, KUDUS– Komando Distrik Militer (Kodim) 0722/Kudus, Jawa Tengah, menanam 37.718 bibit pohon penghijauan di berbagai lokasi di Kabupaten Kudus untuk mendukung program penghijauan yang dicanangkan pemerintah, Jumat (29/1/2016).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Lokasi pertama yang menjadi target penghijauan oleh Kodim Kudus bersama perangkat desa, relawan, pelajar serta mahasiswa, yakni Jalan Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus, serta kompleks balai desa setempat.

“Untuk penanaman di tujuh kecamatan lainnya, seperti Kecamatan Kota, Dawe, Bae, Undaan, Mejobo, Kaliwungu, dan Jati dijadwalkan Sabtu (30/1/2016),” kata Komandan Kodim 0722/ Kudus Letkol ARH M. Ibnu Sukelan ditemui di sela-sela penanaman pohon penghijauan di Desa Terban, Kudus, Jumat.

Sementara penanaman pada Minggu (31/1/2016), kata dia, dipusatkan di Kecamatan Gebog.

Ia mengungkapkan, puluhan ribu bibit pohon yang ditanam meliputi, pohon trembesi, sengon laut dan mahoni serta beberapa bibit pohon lainnya.

Program penghijauan yang dimulai Jumat (29/1/2016), diharapkan bisa selesai pada Minggu (31/1/2016).

Program penghijauan tersebut, kata dia, tidak sekadar menanam, melainkan akan dilanjutkan hingga proses perawatannya.

“Kami akan melibatkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk terjun langsung ke lapangan guna mengecek kondisi bibit pohon yang ditanam dalam kondisi terawat atau tidak,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, 100 relawan juga siap merawat pohon penghijauan yang ditanam di tepi jalan perkampungan, sedangkan pohon yang ditanam di lahan kritis milik warga akan melibatkan pemiliknya.

Salah satu manfaat terbesar dari keberadaan penghijauan tersebut, yakni untuk menurunkan emisi gas dan efek rumah kaca dalam mengurangi pemanasan global dan mengatasi perubahan iklim.

Ia berharap, gerakan penghijauan ini juga mendapat dukungan masyarakat luas, dengan ikut serta menanam pohon di lingkungan rumah masing-masing warga.

Vice President Director Djarum Foundation F.X Supanji yang ikut hadir dalam penanaman pohon di Desa Terban menyambut, positif kegiatan penghijauan tersebut.

“Hal terpenting, setelah menanam harus ada yang merawatnya agar bisa tumbuh dengan baik,” ujarnya.

Kodim Kudus, kata dia, memang berkomitmen tidak hanya sekadar menanam, melainkan siap merawat hingga tumbuh dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya