SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji beribadah di depan Ka'bah. (Freepik)

Solopos.com, KUDUS — Sebanyak tujuh ribu orang lanjut usia (lansia) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), siap berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji pada taahun 2023 ini. Mereka saat ini masih menunggu kepastian atau jadwal resmi untuk berangkat haji dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus.

Total ada sekitar 7.249 orang lansia yang berusia di atas 60 tahun yang kini masuk dalam datar tunggu calon jemaah haji di Kabupaten Kudus. “Total ada 7.249 orang lansia di Kudus yang masuk daftar tunggu haji. 7.048 lansia di antaranya berusaia 60-80 tahun dan sisanya, 201 orang berusia 80-100 tahun,” ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kudus, Asrul Fatkhi, dikutip dari Murianews.com, Selasa (24/1/2023).

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Kementerian Agama saat ini memang telah menetapkan prioritas bagi warga lansia yang akan berangkat ke Tanah Suci. Hal itu menyusul keputusan Pemerintah Arab Saudi yang menghapus pembatasan usia bagi para calon jemaah yang hendak melaksanakan ibadah suci.

Kebijakan itu pun tentunya menjadi angin segar bagi para warga lansia di Kudus yang sudah berharap segera berangkat ke Tanah Suci. Hanya saja, Kemenag Kudus belum bisa memastikan tentang hal itu.

”Jika memang nanti lansia jadi prioritas, yang memutuskan atau yang mengambil dari pusat,” ucapnya.

Rencana, otomatis prioritas keberangkatan warga lansia di Kudus akan diambil dengan persentase satu persen dari kuota keberangkatan. Dengan urutan usia yang paling tua.

”Masih ada usia 80-100 juga. Nantinya diambil 1 persen. Jadi kalau perkiraan Kudus itu 1.200 calon jemaah haji yang akan berangkat, 12 calon jemaah haji di antaranya warga lansia,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya