SOLOPOS.COM - Destinasi wisata utama di Kota Semarang, Lawang Sewu. (Solopos.com/Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG – Kota Semarang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi selama libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 1444 H. Mulai dari wisata alam, wisata religi, sampai wisata seni, semuanya ada di Kota Atlas, sebutan Kota Semarang.

Selain menarik, destinasi wisatanya keren dan juga murah. Wisata yang ada Kota Semarang juga bisa dikunjungi dan dinikmati oleh semua kalangan. Berikut rekomendasi tempat wisata seru dan ngehits yang bisa dikunjungi bersama keluarga tersayang :

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

1. Lawang Sewu

wisata semarang libur lebaran semarang panas kota termahal di jawa tengah
Lawang Sewu Semarang. (freepik)

Lawang sewu atau yang berarti 1.000 pintu merupakan salah satu icon wisata di Kota Semarang. Bangunan ini sejatinya adalah gedung bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia. Pada masa lampau gedung ini digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Selain desain bangunanya yang unik, Lawang Sewu memiliki ornamen kaca patri pabrikan Johannes Lourens Schouten yang ikonik. Pengunjung dapat berfoto atau melihat sejarah perkeretaapian di tempat ini.

Alamat : Jalan Pemuda No.160, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

Tiket masuk : Dewasa : Rp 20.000

Anak – anak : Rp 10.000

2. Sam Poo Kong

wisata semarang
Klenteng Sam Poo Kong Semarang. (Solopos/dok).

Sam Poo Kong adalah sebuah klenteng atau tempat ibadah bagi penganut Konghucu. Arsitekturnya unik sekaligus megah dengan dominasi warna merah. Di tengahnya ada lapangan besar Laksamana Cheng Ho yang diyakini terbesar se-Asia Tenggara.

Selain bisa berdoa dan beribadah, pengunjung juga bisa sekedar berjalan-jalan, atau berswafoto menggunakan baju adat Tiongkok di sana.

Alamat : Jalan Simongan Raya Bongsari, Semarang, Jawa Tengah

Harga Tiket : Rp 10.000

3. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (semarangkota.go.id)

MAJT merupakan masjid terbesar di Jawa Tengah, yang dirancang dengan arsitektur Islam dan Yunani. Bangunan utama memiliki atap berbentuk piramida dengan empat menara di setiap sudut.

Selain menunaikan ibadah, pengunjung juga dapat menaiki menara dengan ketinggian 99 meter, yang disebut menara Asmaul Husna. Di atas menara iti pengunjung dapat menikmati keindahan Semarang dari ketinggian.

Alamat : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari.

Tiket masuk : Gratis

4. Grand Maerakaca

grand maerakaca semarang
Suasana wisatawan di Grand Maerakaca, Kota Semarang, saat libur sekolah, Selasa (27/6/2023). (Ria Aldila Putri)

Tempat ini merupakan taman mininya Jawa Tengah terhitung terdapat 30 replika rumah adat dan miniatur dan bangunan-bangunan khas kabupaten kota yang ada di Jawa Tengah.

Di sini juga bisa berjalan-jalan menikmati rerimbunan pohon bakau atau bersampan di danau. Kurang puas, pengunjung juga bisa menikmati miniatur bangunan dari dari 5 negara, yakni Jepang, Turki, Meksiko, Santorini (Yunani) dan Arab.

Alamat : Jl. Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah

Tiket masuk : Rp 20.000.

5. Pantai Marina dan Pantai Tirang

wisata pantai di jawa tengah
Pantai Marina yang berada di Semarang. (djkn.kemenkeu.go.id)

Dua pantai ini merupakan tempat paling nyaman untuk bersantai anak sekedar duduk-duduk menikmati senja. Meski pasirnya tak putih, namun keindahan alam dengan pemandangan matahari tenggelam tidak boleh dilewatkan

Tiket Pantai Marina : Rp 5.000

Tiket Pantai Tirang : Rp 5.000

6. Kebun buah Agro Cepoko

kebun buah agro Cepoko semarang
Kebun Buah Agro Cepoko Semarang. (Instagram/@agro_cepoko)

Kebun Buah Agro Cepoko merupakan wisata perpaduan berkebun sembari berbelanja buah. Jika sedang musimnya, di sini pengunjung bisa memetik sendiri buah–buahan yang ditanam di Cepoko, mulai dari kelengkeng, jambu merah, durian, alpukat, jambu kristal, sirsak, nangka dan hingga mangga.

Alamat : Jalan Cepoko Raya, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang



7. Kota Lama

Kota Lama Semarang
Destinasi wisata Kota Lama Semarang, Jawa Tengah yang bakal ramai dikunjungi saat libur Lebaran 2023. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Wisata ini tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Semarang. Kota Lama merupakan sebuah kawasan cagar budaya denga gedung-gedung tua dan bersejarah peninggalan Hindia Belanda.

Berada di sini membuat kita seolah ada di masa lalu. Pengunjung bisa sekedar berjalan menyusuri jalanan berpaving, atau berfoto di spot–spot menarik di Kota Lama. Seperti Gereja Blenduk, bangunan Marba hingga rumah akar yang sangat luar biasa.

Setelah puas berkeliling, pengunjung bisa bersantai di Taman Srigunting yang rindang atau duduk minum kopi di cafe yang ada di sana.

Alamat :Tepi Sungai Mberok, Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang

Tiket masuk : Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya