SOLOPOS.COM - Suasana kompleks Candi Arjuna dilihat dari ketinggian di Kawasan Dieng. tampak dari ketinggian di Dataran Tinggi Dieng, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (23/11/2021). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SOLO — Dataran Tinggi Dieng yang berada di dua kabupaten di Jawa Tengah, yakni Wonosobo dan Banjarnegara menyimpan banyak destinasi wisata dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Destinasi wisata yang memiliki pemadangan alam yang luar biasa ini bisa memanjakan mata para wisatawan. Secara geografis, Dieng terletak di ketinggian 2.090 mdpl. Ada beberapa gunung yang mengelilingi di Dataran Tinggi Dieng, yakni Gunung Prau, Gunung Bisma, Gunugn Sipandu, hingga Gunung Sindoro.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Karena letaknya berada di dataran tinggi, Dieng memiliki destinasi wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga, teman dekat, atau pun orang terkasih.

Nah, berikut ini tujuh destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng yang jadi wisata andalan Jawa Tengah dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Wisata Dieng dan Harga Tiket Masuknya

1. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng Plateau, 2012. (Jimmy McIntyre via Wikimedia)

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi ketika tiba di Dieng adalah Telaga Warna Dieng, yang lokasinya berada di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, atau berdekatan dengan tulisan “Welcome to Dieng Wonosobo”.

Telaga Warna Dieng buka dari pukul 06.30-16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp22.500 untuk wisata domestik dan Rp163.500 untuk wisatawan asing.

2. Candi Arjuna

Ilustrasi objek wisata di Banjarnegara
Candi Arjuna yang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Banjarnegara. (Dok. Solopos.com/Antara)

Wisata di Dieng lainnya yang bisa dikunjungi dengan harga tiket masuk terjangkau adalah Candi Arjuna. Lokasinya berdekatan dengan Telaga Warna Dieng. Untuk harga tiketnya hanya Rp15.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp30.000 untuk wisatawan asing.

3. Telaga Menjer

Telaga Menjer, Kabupaten Wonosobo
Telaga Menjer, Kabupaten Wonosobo (Instagram/@agoes_bimaa)

Selain Telaga Warna Dieng, Telaga Menjer juga menjadi destinasi wisata wajib yang dikunjungi saat ke Dieng. Lokasinya berada di Desa Maron, Garung, Wonosobo, atau 8 km dari pusat Kota Wonosobo. Telaga Menjer disebut-sebut sebagai danau terluas di kaki Dieng dengan kedalaman mencapai 45 meter.

Telaga Menjer buka dari pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, yakni Rp5.000 per orang.

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
Kawah Sikidang (Instagram/@kawahsikidang)

Destinasi wisata lainnya di Dieng dengan harga tiket masuk terjangkau adalah Kawah Sikidang yang berlokasi di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Harga tiket masuk Kawah Sikidang hanya Rp10.000 per orang. Untuk jam masuknya, dari pukul 07.00-16.00 WIB.

5. Bukit Sikunir

salju dieng Sunrise di Desa Sembungan Dieng Wonosobo kenapa dieng disebut negeri para dewa
Bukit Sikunir Desa Sembungan, Wonosobo. (Istimewa/Instagram @explore.wonosobo)

Bukit Sikinur merupakan wisata yang wajib dikunjungi ketika melancong ke Dieng. Karena etaknya yang berada di 2.263 mdpl, wisatawan harus trekking terlebih dahulu sekitar 30-45 menit.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bukit Sikunir adalah saat Matahari terbit. Hal ini agar wisatawan bisa menyaksikan Golden Sunrise Sikunir yang cukup fenomenal. Wisata yang terletak di sebelah timur Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, ini harga tiketnya juga terjangkau, yakni Rp15.000 per orang.

6. Batu Ratapan Angin

Wisata Batu Ratapan Angin di Dieng. (Instagram/itsjannah94)

Wisata Dieng dengan harga tiket masuk terjangkau lainnya ada Batu Ratapan Angin. Di destinasi wisata ini, wisatawan akan melihat dua buah batu besar yang berdampingan dan terletak di atas bukit sekitar Dieng Plateu Theatre.

Dari wisata ini, wisatawan bisa melihat pemandangan dengan latar belakang Telaga Pengilon dan Telaga Warna. Lokasi wisata ini berada di Jl Dieng Theater, Dieng, Kejajar, Wonosobo. Untuk harga tiketnya juga cukup terjangkau, yakni hanya Rp10.000 per orang.

7. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon Dieng Wonosobo
Telaga pengilon berjejer dengan telaga warna. (Instagram/a_yuuprylia)

Lokasinya yang bersebalahan dengan Telaga Warna membuat destinasi wisata ini wajib dikunjungi saat berlibur ke Dieng. Apalagi wisata andalan di Dieng ini memiliki harga tiket masuk yang cukup terjangkau, yakni hanya Rp22.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya