SOLOPOS.COM - Para anggota Paskibraka Cilacap 2023 saat pembukaan pelatihan di Pendapa Wijayakusuma Cakti Cilacap, Senin (31/7/2023). (cilacapkab.go.id)

Solopos.com, SOLO-Sebanyak 76 pelajar dari sejumlah sekolah di Kabupaten Cilacap terpilih sebagai anggota Paskibraka HUT ke-78 RI untuk tahun 2023 ini. Demikian laporan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap, Paiman, saat pembukaan kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) HUT ke-78 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Cilacap tahun 2023.

“Dari jumlah tersebut, 74 peserta akan mengikuti pelatihan Paskibraka tingkat Kabupaten, satu peserta akan mengikuti pelatihan Paskibraka tingkat provinsi, dan satu  peserta berhak mengikuti pelatihan Paskibraka tingkat Nasional,”  jelas Paiman dikutip dari cilacapkab.go.id pada Kamis (3/8/2023).

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar, membuka kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) HUT ke-78 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Cilacap tahun 2023. Acara pembukaan berlangsung di Pendapa Wijayakusuma Cakti Cilacap, Senin (31/7/2023).

Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar, berharap kegiatan pembinaan dan pelatihan Paskibraka tingkat Kabupaten Cilacap ini dapat memberikan bekal dan pengetahuan yang cukup bagi peserta. Sehingga mereka dapat tampil gemilang saat melaksanakan tugas dalam Upacara Peringatan HUT ke-78 RI tingkat Kabupaten Cilacap.

Ia juga berpesan agar para peserta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai patriotisme dan semangat cinta tanah air dalam setiap langkah mereka sebagai putra-putri terbaik bangsa. ”Banggalah menjadi Paskibraka karena tidak semua mendapat kesempatan. Adik-adik mendapat kesempatan karena disiplin dan memenuhi syarat,” ucap Yunita.

Pembinaan dan pelatihan Paskibraka ini telah dimulai sejak 30 Juli 2023 hingga 18 Agustus 2023. Para peserta menjalani proses karantina dalam kurun waktu tersebut untuk memastikan mereka siap mengemban tugas mulia sebagai pengibar bendera pada peringatan HUT RI tingkat Kabupaten Cilacap.

Kegiatan pelatihan anggota Paskibraka Cilacap 2023 ini didukung oleh sejumlah unsur pelatih yang berpengalaman. Terdapat 5 orang pelatih yang akan membimbing para peserta selama proses pembinaan dan pelatihan. Dari keempat pelatih tersebut, dua orang berasal dari TNI AD, satu orang dari TNI AL,  satu orang dari Polri, dan satu orang merupakan pelatih sipil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya