SOLOPOS.COM - Bupati Blora, Arief Rohman (tengah), melayani ajakan foto bersama dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 Kabupaten Blora yang baru saja dilantik di Alun-alun Kabupaten Blora, Selasa (24/1/2023). (Tim Liputan Prokompim)

Solopos.com, BLORA – Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, menilai 885 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berasal dari masing-masing desa/kelurahan se-Kabupaten Blora memiliki peran strategis dan penting dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas.

“Memperhatikan aspek kualitas pemilu maka dapat dikatakan bahwa PPS memegang peranan yang strategis dalam tugas wewenang dan kewajibannya dalam agenda penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024. Mulai nanti setelah dilantik, efektif PPS ini akan menjalankan tugas menjadi ujung tombak tingkat desa dan kelurahan sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada,” ungkap Bupati saat memberikan pengarahan pada acara pengambilan sumpah janji dan pelantikan PPS di Alun-alun Kabupaten Blora, Selasa (24/1/2023).

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Proses pelantikan PPS ini dilakukan Ketua KPU Kabupaten Blora dengan dihadiri oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, serta Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM, jajaran Forkopimda Blora, Bawaslu Blora, dan Camat se-Kabupaten Blora.

Dihadapan 885 PPS, Bupati Arief mengungkapkan bahwa pemilu memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah bangsa dan negara. Oleh karenanya, kualitas penyelenggaraan pemilu menjadi sangat penting dan menjadi kata kunci karena merupakan langkah awal penyelenggaraan pembangunan 5 tahun mendatang.

Pihaknya berharap agar nantinya PPS yang baru saja dilantik ini agar dapat menunaikan tugasnya dengan baik, sehingga dapat melaksanakan pemilu yang berkualitas. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Blora saya mengucapkan selamat kepada 885 orang anggota PPS yang pagi hari ini dilantik. Semoga amanah yang diemban dapat ditunaikan sebaik-baiknya, sehingga Pemilu 2024 ini dapat menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk negeri baik di jajaran eksekutif maupun legislatif,” tambahnya

Lebih lanjut, Bupati Blora berharap semua anggota PPS untuk proaktif berkoordinasi dengan pemerintah desa, kepala desa/kelurahan maupun perangkat, maupun babinsa dan bhabinkamtibmas.

Bupati mengungkapkan bahwa Pemkab Blora akan terus mendorong secara aktif agar tahapan pemilu kedepan dapat berlangsung dengan baik. “Bahwa Kabupaten Blora memang siap melaksanakan pemilu yang berkualitas dan bermartabat, tidak hanya dari sisi pelaksanaan tetapi juga sisi kondusif yang solid. Saya harap pelantikan PPS ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas demokrasi kita dengan harapan pemilu akan semakin baik dan didukung partisipasi pemilih yang tinggi,” pungkasnya

Ketua KPU Blora, Mohamad Khamdun, menegaskan bahwa kualitas demokrasi salah satunya ditentukan oleh kualitas kinerja dari PPS yang ada di masing-masing wilayah. “Kualitas demokrasi ditentukan oleh bapak ibu sekalian, tidak ditentukan oleh KPU, tetapi kualitas demokrasi dibangun dari kelurahan, dari dusun, maka kami berharap tanggungjawab yang berat ini harus bapak ibu emban baik-baik,” paparnya

Sebanyak 885 PPS yang dilantik tersebut merupakan orang-orang terpilih yang telah melalui seleksi dari sekian ribu pendaftar. Oleh karenanya, Mohamad Khamdun mewanti-wanti agar PPS bekerja sungguh-sungguh.

“Maka kami berharap silakan berkomiten untuk menguatkan diri menjadi penyelenggara pemilu membangun kualitas demokrasi yang baik demi suksesnya pemilu 2024 di Kabupaten Blora,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya