SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jateng, Harso Susilo. (

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 3.240.672 keluarga di Jawa Tengah (Jateng) akan menderima bantuan langsung tunai atau BLT BBM. Dari jumlah sebanyak itu, paling banyak berasal dari Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jateng, Harso Susilo, mengatakan penerima BLT BBM tersebut terdiri dari keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), KPM Program Sembako dan KPM Program Sembako non-PKH. Berdasarkan data yang diterima Dinsos Jateng ada sekitar 3.240.672 KPM yang menjadi penerima BLT BBM tersebut.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Bansos BLT BBM dari Kementerian Sosial itu nanti disalurkan melalui PT Pos [di tiap kabupaten/kota],” ujar Harso saat dihubungi Solopos.com, Rabu (7/6/2022).

Harso menambahkan 3,2 juta keluarga penerima BLT BBM itu tersebar di 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng. Perincian tiga kabupaten terbanyak yang menerima BLT BBM adalah Kabupaten Banyumas dengan 249.059 KPM, kemudian Kabupaten Brebes dengan 204.720 KPM, dan Kabupaten Grobogan dengan 158.741 KPM.

“[Data dengan sedikit penerima] Kota Magelang 8.986 KPM, Kota Salatiga 9.089 KPM, dan Kota Tegal dengan 17.757 KPM,” terangnya.

Baca juga: BLT Mulai Disalurkan, 54.900 Keluarga di Karanganyar bakal Dapat @Rp500.000

Sebelumnya, Dinsos Jateng mengimbau kepada tiap Dinsos pada kabupaten/kota di Jateng untuk menyiapkan data akurat terkait penerima BLT BBM tersebut. Dengan data yang akurat itu, penyaluran BLT BBM di Jateng akan lebih tepat sasaran.

Selain itu, pemerintah juga telah siap menyalurkan BLT pengalihan subsidi BBM kepada 18,4 juta KPM dari total 20,6 juta KPM. BLT BBM tersebut merupakan satu paket bantuan sosial pemerintah setelah mengalihkan subsidi BBM, dengan menganggarkan bantuan sosial pengalihan subsidi BBM mencapai Rp24,17 triliun.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, keluarga penerima manfaat di Kabupaten Karanganyar telah menerima BLT BBM mulai hari ini, Selasa (6/9/2022). Dalam tahap awal itu, penyaluran BLT dilakukan secara langsung dari rumah ke rumah oleh petugas PT Pos Indonesia.

Baca juga: Polres Sukoharjo Siap Kawal Pendistribusian dan Penyaluran BLT Subsidi BBM

Bantuan yang diberikan kepada PKM senilai Rp300.000 untuk BLT subsidi BBM September dan Oktober 2022. Selain itu, petugas juga menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp200.000. Sehingga PKM kali ini mererima total bantuan sosial (bansos) tersebut senilai Rp500.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya