SOLOPOS.COM - Vivi Ariyani saat memperlihatkan menu bakso Pethel Cak Har miliknya di Salatiga. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Sebagai Kota Gastronomi, Kota Salatiga menawarkan beragam kuliner khas yang wajib dicoba para pelancong. Salah satunya kuliner bakso pethel Cak Har.

Warung bakso ini berada di Jalan Tingkir-Suruh, tepatnya di Exit Tol Salatiga. Warung ini ramai dikunjungi pembeli lantaran letaknya yang cukup strategis. Selain menyuguhkan bakso, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan persawahan berlatar Gunung Merbabu.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Pemilik Warung Bakso Pethel Cak Har, Vivi Ariyani, 38, mengaku berminat merintis usaha itu karena di sekitar Exit Tol Salatiga menuju Tingkir belum ada kuliner berkuah. Dirinya memilih kuliner bakso karena jenis makanan ini cocok bagi semua kalangan masyarakat.

“Bisa dibilang kalau bakso itu disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa,” kata Vivi kepada Solopos.com, Kamis (16/2/2023).

Umumnya, warung bakso memiliki konsep indoor. Namun Vivi menyulap warung bakso miliknya dengan konsep semi outdoor.

Dengan demikian pengunjung bisa menikmati bakso dan menikmati pemandangan persawahan. Lantaran berkonsep semi outdoor, suasana di warung juga tak terlalu panas.

“Di sini bisa menikmati bakso yang panas, segar, dan berkuah sambil menikmati pemandangan sawah yang hijau,” jelasnya.

Ada berbagai menu bakso yang ada di Bakso Pethel Cak Har. Hal itu, seperti bakso biasa, bakso pethel, hotplate, dan lainnya.

Vivi membeberkan menu unggulannya adalah bakso pethel. Bakso pethel ini bukan bakso pada umumnya yang memiliki bentuk bulat seperti bola.

Bakso Pethel berbentuk seperti kapak dan disajikan di hotplate dengan toping sambal spesial. Harga bakso di warung ini cukup terjangkau, yakni berkisar Rp10.000 hingga Rp20.000 per porsi.

“Pethel dalam bahasa jawa yakni kapak. Kami buat bakso ini dari rusuk sapi yang dibungkus dengan adonan bakso dan bentuknya nanti seperti pethel atau kapak,” katanya.

Selain bakso, di warung kuliner ini juga menyajikan menu soto lamongan yang buka setiap hari mulai pagi hingga malam hari. Warung ini buka dari pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya