SOLOPOS.COM - Ilustrasi calhaj (Burhan Aris Nugraha/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, PURWODADI — Aturan pembatasan usia maksimal calon haji atau calhaj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi menyebabkan 429 calhaj asal Kabupaten Grobogan tertunda berangkat ibadah haji.

Regulasi batasan usia maksimal yakni 65 tahun menyebabkan para calhaj dari Grobogan yang harusnya berangkat pada 2022 ini, harus bersabar.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Mengenai batasan usia maksimal yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi pada calon haji tahun 2022 ini disampaikah Kasi Haji dan Umrah pada Kemenag Grobogan Rois Kamdani.

“Akibat adanya regulasi tersebut, kuota calhak Kabupaten Grobogan pada 2022 semula 1.065 orang. Namun, karena berkurang 429 calhaj sehingga yang bisa berangkat hanya 636 orang saja,” jelas Rois Kamdani kepada wartawan, Kamis (2/6/2022).

Batasan usia maksimal 65 tahun untuk calon haji tersebut dihitung per 30 Juni 2022. Kemudian dilakukan pendataan ulang dan akhirnya muncul jumlah tersebut termasuk yang mengundurkan diri.

Baca juga: Koper Jamaah Calon Haji Mulai Tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali

Rencananya jemaah calon haji 2022 dari Kabupaten Grobogan akan diberangkatkan dalam tiga kloter pada 4, 5 dan 6 Juni 2022.

Menurut Rois Kamdani, semula dengan adanya regulasi usia maksimal 65 tahun yang berangkat 637 calhaj, namun satu orang mengundurkan diri.

“Sehingga dengan adanya satu orang calhaj yang mengundurkan diri, maka yang berangkat pada 2022 menjadi 636 calhaj dari Grobogan,” katanya.

Mengenai kapan waktunya calhaj yang berusia 65 tahun bisa diberangkat haji, Rois Kamdani mengatakan, Kantor Kemenang Grobogan tetap memproses untuk keberangkatan 2023.

Baca juga: Ini Sikap Politik PCNU Grobogan Dari Ketua Yang Baru

Namun apakah dipastikan bisa berangkat pada tahun depan, Rois Kamdani mengatakan hal itu masih tetap menunggu regulasi dari Pemerintah Arab Saudi.

Dijelaskannya, calhaj dari grobogan yang berangkat tahun ini adalah mereka yang telah mendaftar pada 2012 dan telah melakukan pelunasan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya