SOLOPOS.COM - Bukit Ragas Jepara. (Istimewa/Instagram @nadiyatussadiyah yang di-repost @explorejepara)

Solopos.com, JEPARA — Sejumlah wilayah bekas tambang di Jepara telah diubah menjadi destinasi wisata yang menawan.

Berbekal kearifan lokal dan upaya konservasi, wilayah yang dulunya ditinggalkan kini telah bertransformasi menjadi tempat yang memukau bagi para pengunjung.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Wilayah bekas tambang yang telah dialihfungsikan menjadi objek wisata menawarkan pesona unik dan spot foto yang kece. Dengan menggabungkan keindahan alam yang alami dengan jejak sejarah pertambangan, tempat ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Berikut tiga daerah bekas tambang di Jepara yang diubah menjadi tempat wisata menarik:

1. Danau Blingoh

Berlokasi di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, danau yang diberi nama persis seperti di mana danau ini berada mulanya merupakan bekas lokasi galian tambang batu kapur.

Danau Blingoh Jepara
Danau Blingoh Jepara. (Istimewa/Twitter @suwun_g)

Dari cerita yang tersebar luas, penambangan ini dulunya dilakukan sejak zaman kolonial Belanda yang meninggalkan kubangan yang luas. Karena curah hujan yang tinggi, kubangan itu kemudian dipenuhi air sehingga menyerupai danau.

Dipenuhi air berwarna hijau kebiruan dan dikelilingi tebing batu putih, Danau Blingoh ini jadi jujugan para fotografer untuk memotret keindahan alam dan para wisatawan yang sedang hunting foto atau sekadar menikmati pemandangannya.

Jika ingin berkunjung ke sini disarankan pada saat musim hujan ya! Karena jika kemarau air yang ada di danau ini menyusut.

2. Bukit Ragas

Berlokasi di Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, bukit ini jadi objek wisata menarik dengan akses menuju lokasi yang mudah. Bukit ini dulunya merupakan bekas galian penambangan batu kapur.

bukit ragas jepara
Bukit Ragas Jepara. (Istimewa/Instagram @theguhwe)

Bukit Ragas menawarkan spot foto berlatar belakang bukit dan genangan air hujan yang membentuk danau. Karena pemandangan eksotis yang tercipta di sini, banyak pengunjung yang teringat akat keindahan Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur yang memukau.

Bagi pengunjung yang bercita-cita mengunjungi Danau Kelimutu tetapi tak kunjung temu, Bukit Ragas bisa jadi alternatif menarik untuk memuaskan rasa penasaran.

3. Telaga Harun

Berlokasi di Dukuh Segoro Lebu, Desa Somosari, Kabupaten Jepara, Telaga Harun jadi destinasi wisata yang tak kalah cantik dengan destinasi lainnya. Menawarkan pemandangan pegunungan hingga air terjun, telaga ini dahulunya merupakan bekas wilayah tambang galian C.

telaga harun jepara
Telaga Harun Jepara. (Istimewa/Instagram @aprilia_photo)

Diolah dari berbagai sumber, telaga yang memiliki air berwarna hijau ini dijadikan sebagai kolam ikan yang dihiasi tanaman bunga di sekitarnya. Seiring berjalannya waktu, telaga ini banyak dikunjungi dan akhirnya telaga ini dipercantik dan dijadikan sebagai destinasi wisata.

Terletak di tengah-tengah keindahan alam yang memukau, telaga ini jadi pusat perhatian para pecinta fotografi berkat keindahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya