SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca ekstrem di Jateng. (Dok. Soloposcom)

Solopos.com, SEMARANG — Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memprediksi sebagian wilayah Jawa Tengah (Jateng) akan dilanda cuaca ekstrem berupa hujan deras, disertai angin kencang dan petir, selama tiga hari ke depan, Rabu-Jumat (23-25/3/2022). Cuaca ekstrem ini disebabkan adanya Siklon Tropis Charlotte yang terpantau di Samudra Hindia selatan Jateng.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno, menyatakan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya Siklon Tropis Charlotte di Samudra Hindia selatan Jateng. Hal itupun membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Samudra Hindia selatan Bali hingga Jawa Barat (Jabar).

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jateng, serta anomali suhu muka laut di Samudra Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa. Ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah,” jelas Sutikno dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Prakiraan BMKG: Cuaca Ekstrem Landa Jateng Selama 3 Hari

Menurutnya, kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal di wilayah Jateng.

“Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang disertai kilat atau petir dan angin kencang akan terjadi di Jateng. Kondisi itu terjadi untuk periode 23-25 Maret 2022,” ujarnya.

Berikut wilayah di Jateng yang diprakirakan dilanda cuaca ekstrem mulai 23-25 Maret 2022 :

Tanggal 23 Maret 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Blora, Rembang, Semarang, Salatiga, Temanggung, Pekalongan, Tegal, Brebes dan sekitarnya.

Tanggal 24 Maret 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Semarang, Salatiga, Temanggung,  Pekalongan, Brebes dan sekitarnya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jateng Maret 2022, BMKG: Waspada Hujan & Angin Kencang

Tanggal 25 Maret 2022

Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Surakarta, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Semarang, Salatiga, Temanggung,  Pekalongan, Brebes dan sekitarnya.

“BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dalam tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir, bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya