SOLOPOS.COM - Adon-adon coro minuman khas Jepara. (Istimewa/goodnewsfromindonesia.id)

Solopos.com, JEPARA — Nama adon-adon coro ini memang terdengar unik untuk sebuah minuman khas di Jepara.

Jika dalam bahasa Jawa, coro merupakan hewan sejenis serangga bersayap atau biasa dikenal dengan kecoak. Tapi jangan salah paham ya, adon-adon coro ini merupakan sebutan minuman tradisional masyarakat Jepara yang terkenal dapat menghangatkan badan.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Meski minuman ini menggunakan kata coro atau kecoa, bahan baku pembuatannya tidak ada yang berasal dari hewan kecil itu sama sekali.

Banyak yang bilang minuman ini merupakan salah satu minuman favorit Raden Ajeng Kartini, pahlawan emansipasi yang berasal dari Kota Ukir tersebut.

Walaupun sekarang sudah banyak minuman modern yang bermunculan, minuman favorit RA Kartini ini masih eksis hingga sekarang.

Dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, adon-adon coro merupakan minuman rumahan yang berasal dari rempah dan bahan lain yang tentunya mudah didapatkan. Bahan-bahannya terdiri dari jahe, gula merah, santan, potongan kecil-kecil daging kelapa muda bakar, dan rempah-rempah lainnya.

Cara pembuatannya pun cukup sederhana. Bahan berupa jahe, gula merah, santan, potongan daging kelapa muda direbus dengan air secukupnya sampai mendidih.

Sedangkan untuk bumbu rempah-rempah yang digunakan perlu dicampur sendiri. Jika melihat dari bahannya, adon-adon coro menggunakan jenis rempah yang beragam, di antaranya jahe, cengkeh, kayu manis, lengkuas, dan rempah lainnya.

Rempah-rempah tersebut memang sangat terkenal berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Adon-adon coro biasanya disajikan di dalam mangkuk.

Lalu disiram dengan seduhan wedang tadi dan diminum selagi masih hangat. Oleh karena itu minuman ini sangat cocok diminum di cuaca dingin seperti saat hujan atau malam hari.

Jika ke kota Jepara, Anda dapat menjumpai banyak penjual minuman adon-adon coro di pelataran sekitar Shopping Centre Jepara (SCJ), sebelah utara Alun-alun Jepara.

Harga yang dibanderol juga cukup terjangkau dan dijamin dapat menghangatkan serta menyehatkan badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya