SOLOPOS.COM - Perdana Menteri (PM) Negeri Belanda Mark Rutte. (JIBI/Solopos/Reuters)

Agenda Semarang menerima kedatangan Perdana Menteri (PM) Belanda berlangsung Selasa ini.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang bakal melaksanakan agenda menerima kedatangan Perdana Menteri (PM) Negeri Belanda Mark Rutte, Selasa  (22/11/2016). Apa saja kegiatan PM Mark Rutte di Kota Semarang?

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

PM Mark Rutte dalam agendanya ke Semarang dijadwalkan meninjau beberapa lokasi di Kota Atlas. “Kedatangan Mark Rutte ada beberapa agenda. Pertama, penandatanganan kerja sama dengan Gubernur Ganjar Pranowo untuk bidang wisata, dan sebagainya,” ungkap Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Senin (21/11/2016).

Setelah itu, kata Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—giliran menteri yang mendampingi PM Negeri Belanda Mark Rutte akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkot Semarang. Menurut dia, kerja sama yang akan dijalin Pemkot Semarang dengan Pemerintah Belanda terkait pembenahan infrastruktur, khususnya mengenai polder untuk pencegahan atau meminimalkan bencana banjir.

Sebelumnya, Pemkot Semarang sudah pernah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Belanda terkait pembangunan Polder Banger di kawasan Kemijen, Semarang Timur, sekitar 15 tahun yang lalu. “Yang Polder Banger kan sudah diteken cukup lama, 15 tahun. Beliau [PM Negeri Belanda Mark Rutte] akan mengecek MoU zaman dahulu itu sudah diaplikasikan sejauh mana. Berdialog dengan warga,” katanya.

PM Mark Rutte beserta rombongan juga dijadwalkan mengunjungi kawasan Kota Lama yang dikenal dengan sebutan Little Netherland karena kawasan itu memiliki hubungan kesejarahan dengan Negeri Belanda. “PM Belanda ada kunjungan ke Akademi Kepolisian [Akpol] dan beberapa tempat bersejarah yang ada di Kota Semarang, seperti kawasan Kota Lama dan Gedung Lawang Sewu,” pungkas Hendi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menambahkan kedatangan PM Belanda, Selasa ini, diikuti sejumlah pengusaha dari Negeri Kincir Angin. Ita—sapaan akrab Hevearita—menjelaskan khusus untuk kawasan Kota Lama ada beberapa tempat yang direncanakan menjadi jujukan rombongan PM Negeri Belanda, yakni Gereja Blenduk dan Galeri Semarang.

Rencananya, kata dia, dalam agenda kedatangan PM Mark Rutte ke Semarang akan ada penanda tanganan LOI (letter of intent) antara Pemerintah Negeri Belanda dan Pemkot Semarang sebagai tindak lanjut bantuan asistensi yang sudah diberikan sebelumnya. Pemerintah Negeri Belanda, diakui Ita, selama ini memiliki perhatian terhadap dua persoalan, yakni penanggulangan banjir dan rob dengan water management dan penataan Kota Lama karena ada ikatan sejarah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya