SOLOPOS.COM - Pintu masuk Agro Cepoko Semarang. (Google Maps/ridwan lian)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang dikenal sebagai daerah yang kaya sejarah dan wisata alam karena didukung letaknya di pesisir utara Jawa. Kota Semarang sering menjadi salah satu jujugan destinasi wisata paling dicari oleh wisatawan.

Salah satu jujugan wisata edukasi terkenal di Semarang adalah Agro Cepoko. Dilansir oleh laman website sijambumerah.dispertan.semarangkota.go.id pada Jumat (4/8/2023), Agro Cepoko terletak di Jalan Raya Cepoko I, Kelurahan Cepoko, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Waktu tempuh ke lokasi ini dari Tugu Muda Semarang berkisar 25 menit (berjarak 15 kilometer).

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Masih dilansir dari laman website sijambumerah.dispertan.semarangkota.go.id, Agro Cepoko ini sebelumnya merupakan kebun milik dinas kemudian dikelola dengan berkolaborasi kelompok tani.

Sistem kerja sama sejak tahun 2017 itu, yakni berupa bagi hasil. Di perkebunan ini pembudidayaan andalannya adalah jambu kristal, kelengkeng, durian, jambu merah, sirsak, nangka, alpukat, hingga mangga.

Agro cepoko Semarang
Suasana di dalam Agro Cepoko Semarang.(Google Maps/Obed Karuniawan)

Dikutip dari Journal of Economic Education and Entrepreneurship dalam judul Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Agro Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Agro Cepoko ini memberikan kesempatan pengunjung untuk memetik buah secara langsung yang didampingi oleh petugas atau petani.

Selain itu, memungkinkan pula untuk mengajak anak-anak untuk terlibat langsung dalam program wisata edukasi dan membeli bibit tanaman buah-buahan.

Dikutip oleh laman website kecgunungpati.semarangkota.go.id, perkebunan dengan luas sekira 3,2 hektare ini tak hanya menjual bibit tanaman buah-buahan. Melainkan juga menjual bibit tanaman seperti bunga anggrek, agronema, dan beragam jenis kaktus.

Cocok jadi tempat bersantai dan bermain anak-anak, paket destinasi wisata di Agro Cepoko ini dikenakan tarif terjangkau. Dilengkapi pula dengan fasilitas penunjang lainnya, Agro Cepoko berhasil menarik perhatian wisatawan dengan pemandangan tumbuhan hijau dan menikmati buah segar hasil petik sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya