SOLOPOS.COM - Polisi membantu mendorong sepeda motor pengguna jalan di kawasan Brangsong, Kendal, Jateng. (Facebook.com-Muhammad Iqbal)

Aksi polisi di Kabupaten Kendal yang membantu pengguna jalan mendorong sepeda motor justru membuat netizen berprasangka.

Semarangops.com, KENDAL – Aksi polisi yang membantu mendorong sepeda motor yang dikendarai pengguna jalan di kawasan Brangong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng) justru memancing khalayak dunia maya (netizen) berprasangka. Perbincangan mengenai aksi polisi itu ramai menggema di grup Facebook Liputan Kendal Terkini, Senin (24/4/2017).

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Perbincangan itu dipicu pengguna akun Facebook Muhammad Iqbal yang mengunggah foto aksi polisi di Kendal tersebut ke dinding grup. “Bapak polisine pengerten. Cah pacaran kentekan bengsin di surungke seko mburi. Bravo polisi kendal wkwkwkwkw [Polisinya pengertian, ada orang pacaran kehabisan bensin dibantu dorong dari belakang. Bravo polisi Kendal],” tulisnya dalam keterangan foto.

Dari foto yang diunggah itu terlihat dua penumpang sepeda motor yang didorong polisi tersebut tanpa mengenakan helm. Hal itu lah yang membuat netizen melontarkan prasangka mereka terhadap si polisi.

Mereka menduga polisi tersebut hendak menggelandang pengguna jalan tersebut ke pos polisi terdekat untuk diberikan surat bukti pelanggaran (tilang) karena tak mengenakan helm. “Kui bocah kecekel ora gowo helm…mulo di ngunu mergo kontak e dgowo polisine [Itu mereka ditangkap karena tak memakai helm. Makanya dibantun dorong karena kunci sepeda motornya disita polisi],” tulis pengguna akun Facebook North Casokaraja.

Paleng yo do tilang [Itu mungkin hendak diberikan surat tilang],” timpal pengguna akun Facebook Siti Suriyanah.

Bahkan, tak sedikit juga netizen yang melontarkan prasangka buruk mereka terhadap polisi yang ada di dalam foto tersebut. Mereka menduga polisi itu hendak melakukan praktik pungutan liar kepada pengguna jalan yang tak memakai helm tersebut. “Baguussss. Di surung tekan pos trus jaluk bayaran. hhhh [Didorong sampai pos polisi terus dimintai sejumlah uang],” papar pengguna akun Facebook AL Zepheline.

Bar disurung njalok bayaran gedi kwi [Setelah didorong polisinya minta uang banyak],” celetuk pengguna akun Facebook Lita Meimei Al-farizie.

Meski demikian, sebagian netizen meminta para penghuni grup Facebook Liputan Kendal Terkini untuk tak berprasangka buruk kepada polisi yang sedang bertugas tersebut. Mereka menganggap aksi polisi dalam foto itu sudah menjadi tugas yang harus dilaksanakan. Meski itu akan memberikan surat tilang, atau memang hanya menolong si pengguna jalan.

Kiriman mengenai aksi polisi itu ramai ditanggapi netizen. Belum genap satu jam disematkan, kiriman tersebut sudah dibanjiri ratusan komentar dan lebih dari seribu likes dari netizen. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya