SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo bersama istri, Siti Atikoh, yang merangkul putra tunggal mereka, Muhammad Zinedine Alam Ganjar. (Facebook.com-Ganjar Pranowo)

Solopos.comm, SEMARANG — Siti Atikoh Suprianto, istri capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, rupanya telah pensiun dini dari jabatannya sebagai apartur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng). Siti Atikoh bahkan telah mengajukan pensiun dini sejak Desember 2022 lalu, atau sebelum Ganjar Pranowo diusung sebagai capres PDI Perjuangan.

Siti Atikoh sebelumnya memang tercatat sebagai PNS atau ASN aktif di lingkungan Pemprov Jateng. Ia tercatat sebagai PNS di Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Jateng.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Namun sejak Desember 2022 lalu, perempuan yang juga pernah bekerja sebagai jurnalis di Solopos itu mengajukan pensiun dini sebagai PNS. Ia pun mulai aktif mendampingi suaminya, Ganjar Pranowo, dalam berbagai kegiatan politik, termasuk kampanye Pilpres 2024.

Bahkan, baru-baru ini ia turut melakukan kampanye ke Tulang Bawang, Lampung, Kamis (11/1/2024). Dia Lampung, Siti melakukan blusukan ke Pasar Modern Unit 2, Tulang Bawang, sambil memborong dagangan dari para pedagang, termasuk buah lalapan khas Lampung yang disebut jolang-jaling.

Pelaksana Harian (Plh) Dispermadesdukcapil Provinsi Jateng, Nur Kholis, membenarkan jika Siti Atikoh saat ini sudah tidak berstatus sebagai ASN. Oleh karenanya, Siti pun bebas mengikuti kegiatan politik untuk mendukung hajat suami yang tengah mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

“[Status Siti Atikoh di Dispermadescapil Jateng] Sudah pensiun. Sejak Desember 2022 lalu,” kata Nur Kholis kepada Solopos.com, Kamis.

Nur Kholis pun membenarkan jika Siti Atikoh telah mengajukan pensiun dini dari ASN karena usianya yang belum mencapai 60 tahun. Pensiun dini memang bisa diambil bila ASN tersebut memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan.

“Untuk pegawai dengan masa kerja 20 tahun dan usia minimal 50 tahun boleh mengajukan pensiun dini. Aturannya seperti itu. Jadi [Siti Atikoh] sah-sah saja ikut kampanye. Enggak masalah karena sudah pensiun [sebagai ASN],” ujarnya.

Siti Atikoh Suprianti merupakan istri Ganjar Pranowo yang lahir di Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng), November 1971. Ia merupakan cucu dari KH Hisyam A Karim, pendiri Pondok Pesantren PP Riyadus Sholikhin Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga.

Siti Atikoh dan Ganjar Pranowo menikah pada tahun 1999 silam. Dari pernikahan itu, keduanya dikarunia satu orang anak laki-laki bernama Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya