SOLOPOS.COM - Aktivitas Pelabuhan Peti Kemas di Tanjung Priok Jakarta (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Ilustrasi. (Dwi Prasetya/JINI/Bisnis)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Bongkar muat peti kemas domestik terus mengalami peningkatan sebesar 2.000 boks setiap bulannya, ujar General Manajer Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Iwan Sabatini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Mengenai pengiriman domestik ini diharapkan terus meningkat seiring dengan upaya para pelaku usaha yang mengoptimalkan angkutan laut,” ujarnya seperti dikutip Antara, Senin (17/11/2014).

Menurutnya, peningkatan tersebut juga merupakan dampak dari pertumbuhan industri di kawasan Jawa Tengah. Untuk pengiriman peti kemas tersebut kebanyakan berasal dari Jakarta ke Semarang atau ke Surabaya.

“Dengan demikian kepadatan jalan pantura bisa dikurangi sehingga kerusakan jalan di daerah pantura bisa diminimalisasi,” jelasnya.

Hingga saat ini, TPKS mencatat arus bongkar muat hingga pertengahan November ini telah mencapai 503.785 teu’s atau tumbuh 18 persen dari tahun lalu yang total mencapai 497.017 teu’s hingga akhir Desember.

Capaian tersebut terdiri dari bongkar muat internasional sebesar 482.964 teu’s, sedangkan bongkar muat domestik berkontribusi sebanyak 20.785 teu’s.

Menurut Iwan, capaian tersebut diperkirakan akan terus bertambah hingga akhir tahun mendatang. Ditargetkan capaian bongkar muat hingga Desember bisa mencapai 578.000 teu’s.

Apalagi dalam waktu dekat ini Indonesia akan menghadapi pasar bebas dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN. Oleh karena itu TPKS saat ini tengah menyiapkan fasilitas perpanjangan dermaga 105 meter yang total akan menjadi 600 meter.

“Perpanjangan dermaga ini ditargetkan akan mulai beroperasi akhir 2015. Selain itu kami juga menambah lapangan penumpukan seluas 5,3 hektar sehingga total nanti akan mencapai 30 hektar,” jelasnya Pengembangan pembangunan tersebut juga untuk mengantisipasi laju pertumbuhan yang diperkirakan mencapai 1 juta teu’s pada 2018 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya