SOLOPOS.COM - Ilustrasi percaya kepeda Tuhan Yang Maha Esa. (Bahaiteachings.com)

Aliran kepercayaan yang jumlahnya 17 kelompok mendapat pengawasan intensif di Batang.

Semarangpos.com, BATANG — Sebanyak 17 kelompok aliran kepercayaan di Batang, Jawa Tengah (Jateng) diawasi intensif. Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) Kabupaten Batang mengklaim pengintensifan pengawasan terhadap 17 kelompok aliran kepercayaan itu merupakan bagian dari upaya mengantisipasi penyimpangan ajaran.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Wakil Ketua Pakem Kabupaten Batang, Arfan Halim di Batang, Sabtu (28/1/2017), mengatakan bahwa sampai saat ini persebaran sejumlah kelompok aliran kepercayaan masih dalam taraf wajar dan belum ada perlakuan yang menyimpang ajaran. “Kendati demikian, kami akan intensifkan pengawasan agar tidak kecolongan apabila para kelompok ini keluar dari jalur dan membahayakan masyarakat,” katanya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara.

Arfan yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kabupaten Batang ini mengatakan saat ini jumlah aliran kepercayaan yang terdata sebanyak 17 kelompok. Kendati demikian, kata dia, masih ada sejumlah aliran kepercayaan yang belum resmi terdata oleh Pakem Batang. “Masih ada yang belum terdaftar secara resmi di Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat [Kesbangpolinmas],” katanya.

Ia menyebutkan 17 aliran kepercayaan tersebut, antara lain Ilmu Roso Sejati, Paguyuban Ngesti Tunggal, Perguruan Ilmu Sejati Sukorejo Caruban Madiun, Pauyuban Teratai Putih Kawulo Ngayogyakarta Hadiningrat Wewengkon, Paguyuban Andong Linuwih, Persatuan Sabdo Darmo, dan Jowo Jowoto.

Kemudian, Perkumpulan Persaudaraan Kejiwaan Susilo Budi Dharma, Sastro Jendro, Paguyuban Penghayat Kepribaden, Sanggar Merah Putih Nusantara, Paguyuban Penghayat Kepercayaan terhadap Gusti Kang Murbeng Dumadi, Sapto Wening, Wahyu Hurip, Ngesti Kasampurnan, dan Tunggul Sabdo Jati Joyo Amongrogo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya