SOLOPOS.COM - Pemandangan lanskap Taman Reptil Adiluhur Kebumen. (Istimewa/Instagram @deswita_adiluhur)

Solopos.com, KEBUMENDesa Wisata Adiluhur yang terletak di Desa Adiluhur, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen ini tengah banyak menarik perhatian wisatawan.

Pada tahun 2019, prestasi membanggakan berhasil ditorehkan oleh desa wisata ini dengan meraih Juara I Desa Wisata Terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah. Desa Wisata Adiluhur juga menyabet juara dalam kategori produk unggulan.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari laporan tugas akhir dengan judul Aktivitas Promosi Sebagai Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Desa Wisata Adiluhur Kabupaten Kebumen karya Ryan Suryandi Pratama pada Selasa (15/8/2023), Desa Wisata Adiluhur didirikan melalui inisiatif kelompok sadar wisata Desa Adiluhur yang bernama Pokdarwis KWIK Berkah Mandiri pada tahun 2016.

Pengakuan resmi sebagai desa wisata kemudian didapatkan pada tahun berikutnya, yaitu pada tahun 2017 melalui SK Kepala Disporawisata Kabupaten Kebumen.

Menarik wisatawan dengan suasana perdesaan yang menghanyutkan dan berbagai fasilitas pendukung, Desa Wisata Adiluhur atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kampung Wisata Inggris Kebumen atau KWIK ini berhasil menarik perhatian wisatawan dengan berbagai atraksi wisata unggulan. Hal itu mulai dari taman reptil, kampung Inggris, hingga agrowisata.

Taman Reptil Adiluhur (TARA) menjelma sebagai salah satu atraksi wisata unggulan dengan menggabungkan konsep wisata edukasi yang tak hanya mengundang wisatawan untuk bersenang-senang, namun juga memberi peluang bagi wisatawan untuk belajar secara interaktif.

Wisatawan diajak mengenal lebih dekat dengan keanekaragaman reptil yang mendiami Indonesia maupun yang berasal dari penjuru dunia. Wisatawan juga berkesempatan berinteraksi dengan hewan-hewan yang sudah jinak, seperti laba-laba, ular, hingga kadal gecko.

Atraksi wisata lainnya adalah Kampung Wisata Inggris Kebumen (KWIK) dan Agrowisata dengan bahasa Inggris. Menariknya, wisatawan bisa belajar bahasa Inggris secara gratis melalui pemandu wisata yang mengajak wisatawan untuk berkeliling desa sembari memperkenalkan beragam potensi yang dimiliki desa yang dijelaskan dengan bahasa Inggris.

Tak kalah menariknya, ternyata Desa Wisata Adiluhur ini juga memiliki benda-benda peninggalan zaman kuno. Benda-benda ini disimpan rapi di museum yang merupakan satu kesatuan dengan Agrowisata Adiluhur.

Hal menarik lainnya adanya Seni Kuda Lumping Dukuh Atasmalang yang biasanya ditampilkan sebagai pertunjukkan hiburan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya