SOLOPOS.COM - Pohon beringin kembar yang terdapat di Alun-Alun Purworejo. (wikipedia.org)

Solopos.com, PURWOREJO — Alun-alun terluas di Jawa Tengah (Jateng) berada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng). Di alun-alun yang luasnya mencapai 62.500 meter persegi atau sekitar 6 hektare lebih itu terdapat dua pohon beringin kembar yang merupakan hadiah dari Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX.

Alun-Alun Purworejo terletak di antara Jalan Mayjen Sutoyo dan Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jateng. Alun-alun ini didapuk sebagai alun-alun terluas di Jateng karena paling besar di antara alun-alun lainnya yang ada di provinsi tersebut.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Di sekitar Alun-Alun Purworejo terdapat sederet bangunan penting, mulai dari Masjid Agung Darul Muttaqin, Gereja GPIB, Kodim Purworejo, Pendapa Kabupaten Purworejo, dan Kantor Bupati Purworejo.

Baca juga: Ini Dia Alun-Alun Terluas di Jateng, Luasnya Capai 6 Hektare

Pada awalnya, Alun-Alun Purworejo digunakan sebagai tempat latihan militer. Namun seiring perkembangan zaman, alun-alun ini dialihfungsikan sebagai tempat publik maupun lapangan kota. Alun-alun ini saat ini juga dimasukkan ke dalam salah satu destinasi wisata di Kabupaten Purworejo.

Di alun-alun yang dibangun pada tahun 1830 silam ini juga terdapat dua pohon beringin kembar. Pohon beringin itu merupakan pemberian Sultan Yogyakarta kesembilan, Sri Sultan HB IX, pada tahun 1973.

Pohon beringin itu merupakan tunas dari Pohon Waringin Kurung yang ada di Alun-Alun Utara Yogyakarta, yang terletak di depan Keraton Yogyakarta. Uniknya, dua pohon beringin di Alun-Alun Purworejo ini juga diberi nama, yakni Ki Suryoputro, yang terletak di sebelah timur, dan Ki Dewo Atmodjo yang berada di sebelah barat.

Alun-Alun Purworejo saat ini juga menjadi daerah tujuan wisata masyarakat sekitar. Di alun-alun ini, masyarakat bisa melakukan berbagai aktivitas mulai dari melepas penat di taman bermain, atau berolahraga karena ada fasilitas kebugaran di lokasi tersebut.

Baca juga: Daftar Kabupaten Terluas di Jawa Tengah, Nomor Satu 3 Kalinya Singapura

Selain itu, di sebelah selatan alun-alun juga terdapat pusat kuliner yang diberi nama Romansa Kuliner Purworejo. Pengunjung yang datang pun bisa menikmati berbagai makanan khas Purworejo. Pusat kuliner ini diisi para pedagang yang sebelumnya menggelar dagangannya di area pejalan kaki alun-alun saat malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya