SOLOPOS.COM - Ilustrasi caleg stres kalah pemilu. (bing image creator)

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), memastikan tujuh rumah sakit (rs) di bawah pengelolaanya siap menampung para calon anggota legeslatif (caleg) yang mengalami depresi atau stres akibat gagal dalam Pemilu 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Jateng, Elhamangto Zuhdan, tak menampik jika potensi stres berat hingga depresi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk caleg. Oleh karenanya, Dinkes Jateng pun siap memberikan pelayanan dengan mengoptimalkan pelayanan di tujuh RS yang terdiri dari empat rumah sakit umum (RSU) dan tiga rumah sakit jiwa (RSJ).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Keempat RSU itu terdiri dari RSUD dr Moewardi Solo, RSUD Prof dr Margono Soekarjo Purwokerto, RSUD Kelet Jepara, dan RSUD Tugurejo Semarang. Sedangkan tiga RSJ yakni RSJD Surakarta, RSJD dr Amino Gondohutomo Semarang, dan RSJD dr RM Soedjarwadi Klaten.

“Kalau [RS] dikhususkan [untuk caleg] tidak ada. Tapi bila ada caleg gagal kemudian saat pemeriksaan ada gangguan psikis [stres], dan ternyata terdiagnosis mengalami gangguan [jiwa], maka dipastikan seluruh RS kami siap [merawat],” tuturnya Elhamangto kepada Solopos.com, Jumat (24/11/2023).

Elhamangto menerangkan masing-masing rumah sakit milik Pemprov Jateng itu memiliki ruangan atau jumlah tempat tidur berbeda-beda untuk menganani pasien stres. Selain itu, ketujuh RS tersebut juga memiliki berbagai fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

“Fasilitas pasti terjamin. Sarana prasarana dan lingkungan sampai dokter spesialis jiwanya ada. Mereka [rs] sudah menyiapkan. Dan kami siap menangani kalau ada caleg terdiagnosis alami gangguan jiwa,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Humas RSUP Kariadi Semarang, Vivi Vira Viridianti, mengaku rumah sakitnya telah siap menampung para caleg yang mengalami stres hingga depresi. Pihaknya telah menyiapkan sebanyak 12 tempat tidur.

“Sudah menyiapkan [ruangan bagi caleg depresi]. Ada ruangan khusus pasien depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya yang kami siapkan sesuai standar internasional,” kata Vivi.

Berdasarkan data penetapan daftar calon tetap (DCT) pada pemilihan legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, total ada 1.473 caleg yang bakal bertarung merebutkan 120 kursi DPRD Jateng. Ribuan caleg itu terdiri dari 909 caleg laki-laki dan 564 caleg perempuan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya