SOLOPOS.COM - Penampilan tari oleh ibu dan anak cerebral palsy Semar Cakep. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ruang Difabel Semar Cakep menyelenggarakan acara Hari Cerebral Palsy Sedunia Kota Semarang Tahun 2021. Acara yang bertajuk Sejuta Alasan Untuk Mewarnai Hidup bersama Cerebral Palsy ini dihadiri Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Kegiatan Hari Cerebral Palsy Sedunia Kota Semarang 2021 dilaksanakan di Aula Kecamatan Semarang Barat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam rilisnya, Senin (12/10/2021), acara dimulai dengan penampilan pentas seni oleh anak cerebral palsy Semar Cakep bersama ibu yang menarikan sebuah tarian Prahu Layar.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Filosofinya adalah anak-anak cerebral palsy dapat berlabuh untuk menggapai cita-cita dengan didampingi oleh malaikat dari keluarga terdekat. Acara juga dibuka dengan pemberian medali dari Albert anak cerebral palsy Semar Cakep kepada Wali Kota Semarang.

Baca Juga : Ada Ikan Dewa di Telaga Sarangan, Air Surut Bagaimana Kondisinya?

Ada pula pemberian alat bantu backslap oleh Wali Kota Semarang kepada Albert anak cerebral palsy Semar Cakep. “Dengan memperingati Hari Cerebral Palsy di Semarang, segala aspek pembangunan di Semarang dapat digunakan untuk seluruh masyarakat,” ujar Wali Kota Semarang.

Wali Kota mengatakan sering teman-teman yang disabilitas diabaikan dalam masyarakat, seperti cerebral palsy. Padahal teman-teman disabilitas juga memiliki kelebihan-kelebihan khusus yang perlu diperhatikan. “Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, namun orangtua yang memiliki anak disabilitas seperti cerebral palsy adalah orangtua yang sangat hebat,” ujarnya.

Founder Semar Cakep, Fieta Maryunani, mengungkapkan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anak-anak cerebral palsy dan masyarakat untuk saling membersamai.

Baca Juga : BNN Tetapkan 3 Tersangka Pesta Ganja di FIB USU, Pengedar?

Fieta berterima kasih atas dukungan dari seluruh pihak yang terlibat dan bersyukur karena kegiatan peringatan Hari Cerebral Palsy Sedunia pada tahun ini dapat dilaksanakan walau masih dalam keterbatasan.

Acara Hari Cerebral Palsy Kota Semarang Tahun 2021 diakhiri dengan kegiatan webinar dengan narasumber dr. Ken Wirastuti, M.Kes, Sp.S, KIC  dokter spesialis saraf RSI Sultan Agung. Dr. Ken menjelaskan seputar cerebral palsy, faktor-faktor pemicu cerebral palsy, dan fakta dari mitos cerebral palsy yang menjadi ketakutan masyarakat dalam masa kehamilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya