SOLOPOS.COM - Salah satu jajanan khas Semarang yang simple. (Perpusjateng.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Semarang merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang dikenal dengan banyak jajanan atau kuliner khas. Dari sederet jajanan atau penganan khas Semarang itu rupaanya ada beberapa yang bisa dibikin secara simpel dan cocok bagi anak kos yang ingin menghemat pengeluaran.

Sebagai anak kos, tentunya kerap dilanda uang kiriman yang menipis. Nah, ada baiknya saat uang jajan bulanan menipis perlu menggunakan sedikit kreativitas untuk membuat jajanan sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Berikut jajanan atau penganan khas Semarang yang bisa dibuat sendiri oleh anak kos tanpa harus mengeluarkan banyak uang:

1. Tahu pong

Hanya bermodalkan tahu, kecap, petis, dan mentimun kamu bisa merasakan enaknya salah satu makanan khas Semarang ini. Rasa tahu tanpa isi yang gurih dan krispi, ditambah bumbu kecap dan petis, serta acar mentimun membuat kamu bisa merasakannya tanpa keluar biaya yang banyak.

2. Mi kopyok

Masih mau menikmati tahu pong dengan campuran yang lain? Mi kopyok jawabannya. Dengan hanya tambah mie kuning, lontong yang bisa dibuat sendiri, serta tauge yang disiram air panas, makanan ini bisa langsung dinikmati di tempat indekos. Tambah bawang goreng dan kerupuk kalau kamu mau lebih enak lagi.

3. Wedang kacang

Setelah puas makan, minuman hangat yang berbahan dasar kacang tanah ini bisa menjadi pasangan untuk menemani kamu di malam hari. Hanya perlu kacang tanah dan kuah santan saja, minuman hangat ini bisa langsung diminum.

4. Pisang plenet

Tak kalah juga makanan manis berbahan dasar buah pisang ini, bisa ikut menjadi list hidangan untuk menghemat biaya. Olahan pisang yang hanya dibakar menggunakan teflon, kemudian dipipihkan atau diplenet dengan dilapisi plastik, dan diolesi margarin di atasnya, sudah bisa dinikmati tanpa harus pergi ke penjualnya. Untuk lebih enaknya, tambahkan gula cair, meses atau keju parut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya