SOLOPOS.COM - Pohon tumbang di Desa Sukorejo, Kecamatan Tegowanu Grobogan menimpa rumah milik Agung Siswanto, 34 tahun, Senin (7/2/2022). (Solopos.com-BPBD Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI – Hujan deras dan angin kencang di Kabupaten Grobogan menyebabkan bencana pohon tumbang menimpa rumah dan rumah roboh diterjang angin di Kecamatan Tegowanu dan Kecamatan Gubug, Senin (7/2/2022).

Peristiwa pohon tumbang terjadi di Desa Sukorejo, Kecamatan Tegowanu, Senin (7/2) pagi. Saat itu hujan deras disertai angin melanda desa tersebut, pohon klampis di samping rumah warga setempat roboh.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih melalui Kasi Kedaruratan Masrikan, kejadian pukul 07.00 WIB. Bangunan rumah yang tertimpa pohon tumbang milik Agung Siswanto, berusia 34 tahun.

“Senin pagi memang Kecamatan Tegowanu hujan deras dan angin kencang. Pohon klampis samping rumah korban tumbang dan menimpa bagian belakang yang juga untuk budidaya jamur ,” jelas Masrikan.

Baca juga: 606 TKI asal Jateng Pulang Kampung, Paling Banyak dari Malaysia

Tidak ada korban jiwa, hanya saja korban menderita kerugian materil Rp50 juta. Pihak BPBD Grobogan langsung menerjunkan personelnya dan bersama warga memotong pohon dan membersihkan ranting yang menimpa rumah.

Selain di Kecamatan Tegowanu, hujan deras dan angin kencang juga menyebabkan satu rumah roboh di Desa Tambakan, Kecamatan Gubug. Rumah milik Masduki, 62 tahun roboh setelah diterjang angin kencang.

“Diduga karena rangka atap yang terbuat dari bambu sudah lama dan lapuk sehingga begitu terkena angin kencang langsung roboh. Kejadiannya pukul 06.00 WIB, tidak ada korban jiwa,” tambah Masrikan.

Baca juga: Gegara Tumpukan Jerami Terbakar, Rumah dan Kandang di Grobogan Ludes

Tim SAR BPBD Grobogan langsung membersihkan rumah yang roboh. BPBD Grobogan memberikan bantuan kepada korban rumah roboh di Kecamatan Tegowanu dan Kecamatan Gubug.

BPBD Grobogan mengimbau kepada warga tentang rawan bencana selama musim hujan disertai angin kencang. Untuk mencegah pohon tumbang, bisa dilakukan pemangkasan ranting, jika pohon lapuk segera dipotong.

“Waspada jika ada hujan deras disertai angin kencang. Jika perlu mengungsi ke tempat aman jika kondisi rumah rawan roboh,” saran Masrikan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya