SOLOPOS.COM - Proyek pelebaran drainase atau saluran air di salah satu ruas jalan di Kota Semarang, Jumat (15/9/2023). (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG – Sebagai upaya menghadapi banjir saat musim hujan tiba, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah (Jateng), melakukan pelebaran drainase atau saluran air di sejumlah lokasi. Pelebaran drainase yang disertai pembersihan saluran air itu dikerjakan selama musim kemarau ini guna menghadapi musim hujan yang rentan menimbulkan banjir.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, pelebaran drainase itu dilakukan di sejumlah lokasi seperti Jalan Depok, Jalan Pemuda, dan Jalan Tentara Pelajar.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengatakan pengerjaan infrastruktur itu dilakukan memanfaatkan fenomena El Nino yang terjadi saat musim kemarau saat ini.

“Memang dampak El Nino di satu sisi membuat kering, tapi di sisi lain menjadi review untuk membangun pengendalian banjir,” ujar Wali Kota Semarang yang karib disapa Ita di Balai Kota Semarang, Jumat (15/9/2023).

Ita menjelaskan pelebaran drainase di jalan memang penting untuk memperlancar aliran air ketika debit air berlimbah, terutama saat musim hujan.

“Kalau untuk Jalan Depok itu diperbesar karena kalau tidak biasanya musim hujan airnya luber,” imbuhnya.

Tak hanya itu, perlebaran drainase juga dilakukan di sejumlah daerah rawan banjir seperti Puri Anjasmoro. Di wilayah tersebut, Pemkot Semarang juga melakukan pembangunan saluran air baru atau crossing.

“Kemudian ada juga pembangunan crossing seperti di wilayah Puri Anjasmoro, karena di sana biasanya kalau hujan tinggi banjir. Sehingga menjadi tugas Pemkot Semarang untuk pengendalian banjir,” imbuhnya.

Selain memperlebar drainase dan menambah saluran air, Pemkot Semarang juga melakukan pengadaan alat berat dan pompa air yang bisa menjadi solusi saat genangan air tinggi.

Sementara itu, Sub Koordinator Operasi Pemeliharaan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Hisyam Ashari, menargetkan proyek pelebaran dan pembagunan drainase atau crossing selesai sebelum Desember.

“Memang sejumlah titik pembersihan dan pelebaran saluran antara lain Jalan Imam bonjol, Jalan Kedungmundu, Jalan Erlangga dan crossing Ahmad Yani, Jalan Tentara Pelajar, Jatisari, Jalan Depok, dan Tlogosari Wetan. Insyaallah semuanya selesai sebelum pekan terakhir Desember,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya