SOLOPOS.COM - Ilustrasi speed camera. (eyeview-cctv.com)

Kamera CCTV - Ilustrasi (eyeview-cctv.com)

Kamera CCTV - Ilustrasi (eyeview-cctv.com)

Kanalsemarang.com, KUDUS– Sebanyak lima pasar tradisional di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dilengkapi dengan kamera CCTV (closed circuit television) untuk meminimalkan kemungkinkan terjadinya kebakaran atau kejadian lain yang tidak diinginkan.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Total CCTV untuk lima pasar tradisional di Kudus sebanyak 176 unit dengan jumlah masing-masing pasar bervariasi,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Pasar dan Pengelolaan Pasar Kudus Sudiharti melalui Kasi Pasar Desa Andy Imam Santoso,seperti dikutip Antara, Jumat (10/10/2014).

Dengan adanya peralatan modern yang terpasang di beberapa pasar tradisional tersebut, dia berharap peristiwa kebakaran yang selama ini beberapa kali melanda pasar tradisional bisa dideteksi sejak dini.

Untuk pasar yang cukup luas, kata dia, memang sulit mengandalkan petugas untuk memonitor setiap saat karena jumlah personelnya juga terbatas.

Selain untuk antisipasi potensi kebakaran, kata dia, kamera CCTV juga untuk memonitor tempat pembuangan sampah di pasar serta untuk memantau tindak kejahatan di pasar.

“Ketika terjadi tindak kejahatan seperti kasus pencopetan diharapkan pelakunya mudah dideteksi serta situasi pasar diharapkan juga lebih kondusif dan tertata dengan baik,” ujarnya.

Sebanyak lima pasar yang dilengkapi dengan peralatan modern tersebut, yakni Pasar Jember, Pasar Kliwon, Pasar Jekulo, Pasar Piji, dan Pasar Bitingan.

Untuk Pasar Jember disediakan 32 CCTV, Pasar Kliwon sebanyak 64 CCTV, Pasar Jekulo sebanyak 24 CCTV, Pasar Piji sebanyak 24 CCTV, dan Pasar Bitingan sebanyak 32 CCTV.

Total anggaran untuk pengadaan kamera pengintai tersebut mencapai Rp500 juta.

Selain dilengkapi kamera pengintai, katanya, masing-masing kantor pasar juga dilengkapi dengan perangkat komputer dan jaringan internet serta layar monitor untuk memantau kondisi pasar lewat kamera pengintai.

“Di kantor Dinas Perdagangan Pasar dan Pengelolaan Pasar Kudus juga dilengkapi dengan lima layar monitor untuk memantau kondisi masing-masing pasar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya