SOLOPOS.COM - Gerbang Tol Kalikangkung Semarang saat penerapan one way pada arus mudik Lebaran. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Pemberlakuan arus satu arah atau one way nasional di Jawa Tengah (Jateng) bakal dimulai, Selasa (18/4/2023). Langkah ini sebagai upaya mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2023.

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, mengatakan one way nasional akan dilakukan pada Selasa pukul 14.00 WIB. Pelaksanaan tersebut akan dimulai dari KM 4 Cikampek sampai Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

“Jika dimungkinkan arus masih mengalami kepadatan, maka akan kami perpanjang one way lokal sampai di daerah Bawen,” ungkap Kapolda seusai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023 di Lapangan Lanumad Ahmad Yani Kota Semarang, Senin (17/4/2023).

Tak hanya itu, nantinya TNI/Polri juga akan bertugas secara maksimal mengamankan mudik maupun perayaan Lebaran 2023. Ribuan personel TNI/Polri akan disebar di pos-pos pengamanan.

“Baik TNI/Polri dan stakeholder terkait hampir 21.000 personel kami kerahkan yang tersebar di 253 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, bagi pemudik khususnya yang menggunakan sepeda motor di jalur Pantura diimbau bisa mendatangi setiap cek poin di masing-masing kabupaten/kota. Sebab, Polri akan melakukan pengawalan secara estafet kepada para pemudik untuk mengurangi risiko fatalitas atau kecelakaan di jalan raya.

“Maka dari itu, apabila pemudik sudah memasuki wilayah Jateng, datanglah ke masing-masing cek poin jalur Pantura. Nantinya, Polri akan melakukan pengalawan ke tujuan masing-masing. Karena untuk kendaraan roda dua, fatalitas laka banyak sekali,” pungkas Kapolda Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya