SOLOPOS.COM - Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra saat memantau kondisi lalu lintas di Rest Area 456 jalur B Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang, Senin (24/4/2023). (Solopos.com-Polres Semarang)

Solopos.com, UNGARANArus balik Lebaran 2023 mulai terlihat di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) pada H+2 Lebaran atau Senin (24/4/2023). Segala skema manajemen lalu lintas pun telah disiapkan Polres Semarang, salah satunya adalah one way lokal.

Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahenda, mengaku telah berkoordinasi dengan jajaran Polres di sekitar Kabupaten Semarang dan PJR Tol Polda Jateng.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Kami memantau untuk kegiatan masyarakat yaitu arus balik dari arah Solo/Surabaya ke arah Semarang maupum Jakarta sudah mulai ada peningkatan. Oleh sebab itu, kami berkoordinasi dengan jajaran samping untuk melakukan sterilisasi kendaraan yang masuk tol baik dari pintu tol Ungaran maupun Bawen yang hendak menuju ke arah selatan yaitu Solo atau Surabaya,” terang Kapolres Semarang saat memantau langsung arus lalu lintas tol di Rest Area 456 jalur B Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Senin.

AKBP Oka menyebut pihaknya akan melakukan one way dari KM 442 Bawen hingga pintu Tol Banyumanik. Bahkan, apabila memungkinkan one way itu nantinya akan diteruskan hingga Tol Kalikangkung.

Sementara itu, arus lalu lintas di dalam kota terpantau ada peningkatan dari arah Semarang menuju Solo dan Jogja. Arus kendaraan didominasi milik pemudik dan wisatawan yang mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Semarang.

“Hari ini dan besok diperkirakan menjadi puncak kepadatan arus [balik] di wilayah Kabupaten Semarang, baik jalur konvensional atau utama,” ungkap Kapolres.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Semarang, AKP Dwi Himawan, menjelaskan bahwa personel di lapangan juga melakukan rekayasa dengan mengalihkan arus dari Solo menuju Semarang maupun sebaliknya.

“Untuk arus dari selatan atau Solo maupun Jogja ke Semarang kami lakukan kondisional. Apabila arus sudah padat kami alihkan ke RSUD dr Gondosuwarno terus Jalan Kartini atau jalur bus hingga keluar di Taman Serasi batas Kabupaten Semarang dengan Kota Semarang. Sedangkan untuk jalur sebaliknya, Semarang-Solo, kami akan lakukan contraflow hingga RSUD [Ungaran],” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya