SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hujan Lebat (Foto Antara)

Solopos.com, SEMARANG — Ribuan pemudik diprediksi bakal melintasi jalur pantai utara (Pantura) Jateng saat arus balik Lebaran 2023.

Para pegendara, baik roda dua maupun roda empat diminta tetap berhati-hati karena kondisi cuaca yang masih tak menentu atau peralihan musim (pancaroba).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Prakirawan Cuaca Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Risca Maulida, mengatakan kondisi cuaca di Pantura diperkirakan cerah berawan-hujan ringan selama sepekan ke depan.

Kendati demikian, tak menutup kemungkinan ada wilayah dengan kondisi hujan sedang-hujan lebat mengingat akhir April ini masih pada peralihan musim kemarau.

“Kemungkinan masih dapat terjadi hujan lebat. Tapi biasanya sifatnya cenderung lokal,” ungkap Risca kepada Solopos.com, Selasa (25/4/2023).

Meski ada potensi hujan lebat disertai petir maupun angin kencang, kondisi tersebut diprediksi tidak lama. Risca Maulida memperkirakan hanya berlangsung dalam kurun waktu 30 menit sampai satu jam.

“Untuk waktu hujan, durasinya hanya sebentar atau lebih singkat, hanya beberapa menit hingga beberapa jam. Tergantung jenis awan yang tumbuh dan tergantung kondisi angin pada saat terjadi hujan di wilayah tersebut,” jelasnya.

Mengenai kabupaten/kota yang berpotensi alami hujan lebat, terang Risca, berada di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, dan Semarang. Pihaknya pun mengimbau bagi pemudik yang melintasi daerah tersebut untuk lebih berhati-hati dan selalu mengecek informasi cuaca.

“Untuk pemudik, tetap selalu jaga kesehatan dan waspada ketika melakukan kegiatan di luar ruangan karena beberapa wilayah di Jawa Tengah masih ada hujan dengan intensitas sedang-lebat,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Irma Makiah, mengaku telah menyebar ribuan tenaga kesehatan di masing-masing Pospam dan Pos Pengamanan yang telah di sediakan di tiap kabupaten/kota.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengintruksikan setiap rumah sakit dan pukesmas untuk standbay 24 jam untuk mengantisipasi kejadian tak diinginkan.

“Semua layanan kesehatan dan tenaga kesehatan telah siap. Termasuk di jalur Pantura. Kami ada 327 rumah sakit dan 880 puskesmas yang siap melayani kesehatan para Pemudik,” tutup Irma.

Sekadar informasi, untuk mengakses info cuaca, dapat diakses melalui website cuacajateng.com. Bisa juga melalui disosial media baik Twitter dan Facebook di @cuacajateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya